Skripsi
ANALISIS PEMANFAATAN KESAN DAN PESAN SETELAH LAYANAN (KESSAN) DI KLINIK BRI MEDIKA KOTA PALEMBANG
Adanya kesenjangan antara harapan dan mutu layanan yang diberikan menuntut BPJS Kesehatan untuk melaksanakan upaya peningkatan salah satunya melalui pemanfaatan Kesan dan Pesan Setelah Layanan (KESSAN). Data BPJS Kesehatan menunjukkan jumlah pemanfaatan KESSAN di klinik BRI Medika selama Juni-September 2024 secara berturut-turut sebanyak 9, 20,13, dan 124. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pemanfaatan KESSAN di Klinik BRI Medika Kota Palembang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam enam orang informan, observasi dan telaah dokumen. Berdasarkan analisis menggunakan teori Edward III diperoleh hasil pada Komunikasi, yakni transmisi dilakukan secara langsung, kejelasan informasi yang diterima Peserta JKN belum sepenuhnya jelas, ketentuan target yang ditetapkan masih inkonsisten. Sumber daya diperoleh temuan, yakni terdapat keterlibatan seluruh staf, penyediaan informasi masih terbatas secara lisan, wewenang klinik untuk monev internal belum rutin, dan penyediaan fasilitas berupa media POROS yang belum sesuai format standar. Disposisi, yakni tidak terlihat adanya dukungan khusus dari klinik. Struktur birokrasi, SOP tidak dapat dianalisis karena keterbatasan akses dokumen dan dari fragmentasi tidak terdapat pembagian tugas khusus pada masing-masing unit selama menjalankan KESSAN. Kesimpulan implementasi pemanfaatan di Klinik BRI Medika Kota Palembang masih belum sepenuhnya optimal. Saran bagi klinik memanfaatkan fasilitas pendukung dan media sosial yang telah tersedia dan mengganti media POROS yang sesuai format.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2507003431 | T173152 | T1731522025 | Central Library (Reference) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available