Skripsi
STRATEGI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM MENANGANI KELUHAN PELANGGAN (Studi Pada Layanan Customer Service PT. PLN (Persero) ULP Rivai)
PT. PLN (Persero) ULP Rivai merupakan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang ketenagalistrikan. Setiap tahunnya perusahaan ini mengalami kenaikan jumlah pelanggan yang cukup tinggi sehingga tidak menutup kemungkinan bahwa terdapat banyak keluhan dari pelanggannya. Maka dari itu diperlukan suatu strategi untuk mengelola setiap jenis keluhan dari pelanggan dengan menerapkan Customer Relationship Management. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi Customer Relationship Management PT. PLN (Persero) ULP Rivai dalam menangani keluhan dari pelanggannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Pada penelitian ini menggunakan Teori Empat Proses Pemecahan Masalah oleh Cutlip & Center. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam mengelola keluhan pelanggan, PT. PLN (Persero) ULP Rivai menggunakan aplikasi PLN Mobile, Call Center 123, Customer Service, grup WhatsApp bersama stakeholder, serta inspeksi ke lapangan. Perusahaan juga memiliki beberapa penyusunan rencana dan anggaran, memiliki program kerja dan SOP seperti respons time dan recovery time yang telah ditetapkan pada SLA, dan merencanakan software dan website internal bernama APKT dan aplikasi cheMPION. Dari software tersebut, petugas dapat memantau, serta menyelesaikan setiap keluhan yang masuk dan ditindak lanjuti kepada pelanggan melalui telepon seluler atau komunikasi melalui WhatsApp. Semua langkah tersebut dievaluasi melalui umpan balik berupa rating dari pelanggan, melalui Nilai Kinerja Unit (NKU) dan melalui Survei Kepuasan Pelanggan dari pihak ketiga
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2407002055 | T141959 | T1419592024 | Central Library (References) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available