Text
Program Perkuliahan Perubahan Iklim Dengan Model Pembelajaran Yoyo System Based Case Untuk Membekalkan Penguasaan Konten dan Keterampilan Berpikir Sistem Mahasiswa
Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menguji efektifitas program perkuliahan perubahan iklim dengan model pembelajaran YSBC (Yoyo system Based Case) pada penguasaan konten dan keterampilan berpikir sistem serta melihat dampak tingkat penalaran pada kedua hal tersebut. Metode penelitian menggunakan Develomental Research tipe I yang meliputi tahap eksplorasi sehingga dihasilkan model konstruksi program, tahap developing sehingga dihasilkan model implementasi program, dan tahap evaluasi yang merupakan bagian dari uji efektifitas program. Program perkuliahan perubahan iklim dengan model pembelajaran YSBC dari hasil pengembagan terdiri dari lima fase yaitu : 1) Orientasi sistem; 2) Identifikasi organisasi sistem; 3) Ekspolari karakter sistem; 4) Eksplanasi; 5) Elaborasi dengan tujuan topic perkuliahan dan studi kasus. Hasil ujian efektifitas menunjukan bahwa program perkuliahan efektif pada penguasaan konten mahasiswa calon guru Pendidikan Biologi dengan nilai p (advance content) 0,000, kecuali pada middle content dan pada mahasiswa calon guru Pendidikan Fisika. Untuk keterampilan berpikir sistem, terdapat perbedaan signifikan baik pada data total dan setiap indikator dengan nilai p yang sama yaitu 0,000 pada mahasiswa dari calon guru dari Pendidikan Biologi dan mahasiswa calon guru dari Pendidikan Fisika, kecuali pada indikator III (mampu menganalisis pola/pemodelan pada sistem) dengan p = 0,568. Sementara itu pada data total, kemampuan mengenali struktur dan peran komponen sistem iklim (indikator I), kemampuan menganalisis interaksi komponen dan subkomponen sistem iklim (indikator II) serta kemampuan memprediksi dan meretrospeksi sistem (Indikator IV) memiliki nilai p berturut-turt 0,000; 0,003; 0,000; dan 0,000. Tingkat penalaran tidak mengetahui penguasaan konten tetapi mempengaruhi keterampilan berpikir sistem terutama indikator menganalisis pola/pemodelan sistem (III) dan indikator memprediksi/retrospeksi IV pada mahasiswa calon guru pendidikan biologi tetapi tidak berpengaruh pada mahasiswa calon guru dari pendidikan fisika.
Kata kunci : perubahan iklim, model pembelajaran, yoyo system based case, berpikir sistem.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
D00040 | 371.360 7 Mei p | Central Library | Available |
No other version available