Image of Pengaruh pelumas terhadap kebisingan bantalan yang sudah terkorosi diukur dalam amplitudo getar yang dihasilkan melalui program matlab

Text

Pengaruh pelumas terhadap kebisingan bantalan yang sudah terkorosi diukur dalam amplitudo getar yang dihasilkan melalui program matlab



Bantalan atau bearing merupakan suatu komponen sangat penting dalam suatu komponen mesin, yang dimana kinerja bantalan tersebut berupa mempermudah, memperhalus, serta meredam semua kinerja performansi mesin dimana gerakan yang terjadi yaitu gerakan bolak balik. Korosi merupakan suatu reaksi senyawa antar logam dengan zat – zat disekitarnya, berupa air dengan udara, larutan garam. Perumusan kimia yang diperoleh yaitu Fe2O3.nH2O ( logam besi dengan air bercampur udara), kemudian larutan asam / garam (H₂SO₄, Hcl, Nacl, dsb.). Diantara semua senyawa zat diatas apabila terkena pada logam akan menimbulkan korosi.
Pada karya tulis ilmiah berupa skripsi ini penulis meneliti dan mengidentifikasi salah satu penyebab terjadinya kerusakan pada bantalan tersebut yaitu dengan mengidentifikasi seberapa pengaruhnya tingkat korosi yang terjadi pada bantalan tersebut, kemudian dibandingkan apabila bantalan yang telah terkorosi tersebut ditambahkan variable pelumas. Pada karya tulis ilmiah ini penulis membagi menjadi 4 variasi pengujian dengan 2 tahapan penelitian yaitu kondisi bantalan yang terkorosi selama (5 hari, 10 hari, 15 hari, 20 hari. ), dan kondisi bantalan yang terkorosi dengan adanya penambahan variable pelumas selama (5 hari, 10 hari, 15 hari, 20 hari ).
Hasil Pengujian dari penelitiaan ini yang dilakukan dalam pengidentifikasi dengan bantuan program MATLAB, bantalan yang terkorosi terdeteksi 99,6% dengan persentase kegagalan yang tidak terdeteksi hanya 0,4%, sesuai dengan harapan penulis dalam pengidentifikasi bantalan yang telah terkorosi. Kemudian tahapan pengujian selanjutnya persentase yang dihasilkan dalam pengujian bantalan yang terkorosi dengan penambahan variable pelumas terdeteksi >50% bantalan yang terkorosi mengalami penurunan tingkat getaran, gesekan, dan tingkat kebisingan yang terjadi. Dapat dikatakan bahwa pengaruh pelumas dengan viskositas 20w-40 dapat meredam tingkat kerusakan pada bantalan yang terkorosi tersebut.


Ketersediaan

S000045S621.890 7 Adi p 2016Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
621.890 7 Adi p 2016
Penerbit Fak. Teknik : Inderalaya.,
Deskripsi Fisik
xviii, 85 hlm. : ilus.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
621.890 7
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this