Image of Perlindungan hukum konsumen  terhadap iklan susu formula melalui media televisi ditinjau dari undang-undang nomor 8 tahun 1999  tentang perlindungan konsumen

Text

Perlindungan hukum konsumen terhadap iklan susu formula melalui media televisi ditinjau dari undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen



PT. Bukit Asam (Persero), Tbk. merupakan perusahaan tambang batubara untuk memenuhi kebutuhan industri. Konsumen terbesar batubara PT. Bukit Asam (Persero), Tbk. adalah industri pembangkit listrik tenaga uap baik domestik maupun internasional. Untuk mendistribusikan produknya ke konsumen batubara yang telah ditambang di Tanjung Enim dikirimkan ke Unit Dermaga Kertapai yang berlokasi di Palembang, Sumatera Selatan dan ke Unit Dermaga Tarahan Lampung menggunakan kereta api milik perusahaan PT. Kereta Api Indonesia (KAI). Sebagai gerbang awal penanganan batubara sebelum dikirimkan ke konsumen, maka kualitas batubara yang diharapkan harus sesuai dengan permintaan spesifikasi yang diinginkan oleh konsumen (PT. Bukit Asam, Tbk.).
Kegiatan analisis ini dilakukan selama satu bulan yaitu pada tanggal 18 Juli sampai 18 Agustus 2016 di Unit Dermaga Kertapati, dengan menganalisis 30 sampel batubara jenis AL-55 yang dikirimkan dari Tanjung Enim. Hasil analisis 30 sampel batubara menunjukkan terjadinya peningkatan nilai rata – rata total moisture dan ash content. Nilai rata-rata total moisture semua sampel saat di Tanjung Enim sebesar 22,4 %, setelah diterima di Unit Derti mengalami peningkatan nilai total moisture sebesar 1,3 % menjadi 23,7 %. Nilai rata-rata ash content semua sampel batubara saat di Tanjung Enim sebesar 4,3 % dan juga mengalami peningkatan nilai ash content setelah diterima dan dianalisis di Unit Derti sebesar 0,9 % menjadi 5,2 %. Peningkatan nilai total moisture dan ash content batubara dapat disebabkan oleh aktivitas hujan yang terjadi selama proses pengiriman batubara. Menurut data curah hujan pada bulan Juli, bahwa pada saat pengiriman batubara dari Tanjung Enim ke Unit Dermaga Kertapati terjadi aktivitas hujan. Hujan yang terjadi dapat meningkatkan kandungan air pada batubara dan membuat permukaan batubara menjadi basah yang memudahkan debu-debu dan pengotor lebih mudah menempel di batubara pada saat pengiriman.
Peningkatan nilai rata-rata total moisture dan ash content menyebabkan rata-rata nilai kalori mengalami penurunan. Rata-rata nilai kalori dari 30 sampel batubara saat di Tanjung Enim sebesar 5.525 kCal/kg, setelah diterima dan dianalisis di Unit Derti terjadi penurunan nilai kalori sebesar 206 kCal/kg menjadi 5.319 kCal/kg. Hal inilah yang menjadi dasar dalam melakukan penelitian pada perubahan kualitas batubara yang dikirimkan dari Tanjung Enim ke Unit Derti.
Kata kunci : Total Moisture, Ash Content, Nilai kalori


Ketersediaan

S01670My LibraryTersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit Fak. Hukum : Inderalaya.,
Deskripsi Fisik
xi, 104 hlm. : ilus. + CD
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnya