Asphalt Treated Base (ATB) adalah salah satu campuran untuk lapisan pondasi perkerasan jalan. ATB merupakan lapis pondasi atas yang terdiri dari campuran agregat dan aspal keras dengan perbandingan…
Dalam perkerasan jalan Aspal merupakan bahan pengikat agregat dalam campuran. Aspal merupakan material yang harganya relatif mahal, sehingga perlu dilakukan penghematan dalam penggunaanya. Salah sa…
Aspal berfungsi sebagai bahan pengikat dan bahan pengisi dalam campuran ATB (Asphalt Treated Base). Hal ini disebabkan oleh aspal yang bersifat plastis dan mempunyai kecairan yang cukup. Aspal meru…
Pemanfaatan limbah sebagai bahan baku alternatif merupakan cara yang efektif dalam melakukan penghematan sumber daya alam dan sekaligus dapat mengurangi polusi yang mungkin diakibatkan oleh adanya …
Karet merupakan salah satu limbah padat yang terbuat dan bahan yang fleksibel dan akan menimbulkan masalah bila tidak ditanggulangi secara cermat, hal inilah yang melatarbelakangi pemanfaatan bahan…
Perkembangan ilmu pengetahuan yang modem dan industri yang pesat saat ini ternyata bukan hanya membawa dampak negatif yang ditimbulkannya tetapi juga dampak positif yaitu mengenai limbah yang di da…
Pada perkerasan lentur, aspal menjadi salah satu meterial yang sangat menentukan kekuatan campuran perkerasan, selain itu kadar aspal yang dipergunakan dalam suatu campuran juga sangat mempengaruhi…
Porous asphalt Wearing Course (PAWC) adalah aspal beton campuran panas (hotmix) dengan gradasi pilihan yaitu open graded, aspal khusus yaitu high bonding asphalt dan aditif berupa zat selulosa, mem…
Penelitian ini menggunakan material serbuk karet ban luar bekas dan fly ash. Karena bahan ini merupakan bahan buangan padat yang tentunya juga akan menimbulkan masalah jika tidak dikelola dengan ba…
Campuran beraspal lapis aspal beton (Laston) atau umumnya dikenal sebagai aspal beton adalah salah satu konstruksi perkerasan lentur di lapisan permukaan (surface course). Campuran Ini terdiri dari…
Split Mastic Asphalt (SMA) adalah campuran beton aspal panas bergradasi terbuka. Jumlah kandungan agregat kasar yang tinggi pada campuran lapis permukaan SMA memungkinkan penggunaan kadar aspal yan…
Berkembangnya suatu daerah tak luput dari pentingnya peranan jalan sebagai transportasi lalulintas, sehingga kita perlu mengkaji dan meneliti untuk ketahanan perkeraan jalan aspal agar dapat menaha…
Asphalt Treated Base (ATB) merupakan lapisan pondasi perkerasan yang terdiri dari campuran agregat dan aspal keras dengan perbandingan tertentu dan dipadatkan dalam keadaan panas. Dalam campuran AT…
Untuk menghemat penggunaan agregat pada campuran aspal yang persediaannya semakin lama semakin berkurang, dilakukan penggantian agregat dengan menggunakan bahan alternatif yang berasal dari limbah …
Seiring pesatnya pembangunan jalan raya maka semakin banyak pula material yang dibutuhkan untuk perkerasan, baik itu agregat, filler, maupun bahan pengikat perkerasan itu sendiri yaitu aspal. Dilai…
Aspal merupakan salah satu komponen kecil dalam material konstruksi perkerasan jalan, meskipun demikian aspal mempunyai harga yang relatif mahal. Sehingga perlu dilakukan penelitian untuk mencari b…
AC-BC merupakan Laston sebagai lapisan antara dengan tebal perkerasan adalah 5cm. Laston minimum (lapis aspal beton) merupakan suatu lapisan pada konstruksi jalan yang terdiri dari campuran aspal k…
Kebutuhan akan aspal sebagai bahan pengikat perkerasan jalan semakin meningkat seiring dengan meningkatnya jalan raya. Sumber alam yang tersedia semakin menipis. Untuk itu dilakukan berbagai upaya …
Bahan pengikat perkerasan yang sering dipakai adalah aspal yang berasal dari penyulingan minyak bumi, yang merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui .untuk itu perlu dicari material …
Asphalt Treated Base (ATB) merupakan lapisan pondasi perkerasan yang terdiri dari campuran agregat dan aspal keras dengan perbandingan tertentu dan dipadatkan dalam keadaan panas. Dalam campuran AT…
Seiring meningkatnya kebutuhan jalan raya maka semakin banyak pula material yang dibutuhakan untuk perkerasan, baik itu agregat, maupun bahan pengikat perkerasan jalan itu sendiri yaitu aspal. Sumb…
Syarat utama perkerasan jalan adalah aman, nyaman, dan ekonomis. Untuk mendapatkan perkerasan jalan yang seuai dengan syarat, dibutuhkan campuran yang sesuai dengan spesifikasi yang telah ditentuka…
Bahan utama dari ban adalah karet alam. Jenis karet terbagi dua yaitu karet sintetik dan karet alami. Karet alami memiliki kelebihan pada kelenturan sedangkan karet sintetis memiliki campuran dari …
Suatu hasil studi atau pengkajian mengenai campuran aspal menunjukan bahwa salah satu cara untuk meningkatkan kinerja dari campuran aspal untuk konstruksi perkerasan jalan yakni dengan cara menamba…
Perkerasan jalan dipengaruhi oleh beberapa faktor-faktor antara lain dipengaruhi oleh absorpsi aspal terhadap campurannya, kadar aspal yang efektif, rongga antar butiran agregat (VMA), rongga udara…
Aspal merupakan salah satu sumber daya alam yang tidak dapat duperbaharui, sehingga apabila digunakan secara terus menerus, pada suatu saat nanti persediaannya akan habis. Selain itu harga aspal re…
Penggunaan bahan batuan beku (agregat) secara terus menerus menyebabkan semakin sulit untuk didapatkan, oleh karena itu perlu dicari alternatif lain sebagai pengganti. Pemanfaatan limbah karet ban …
Penambahan fiber dalam campuran beton dapat memperbaiki sifat-sifat mekanik beton seperti daktalitas, kemampuan mendukung tegangan-tegangan dalam seperti aksial, lentur, dan geser, ketahanan terhad…
Karet merupakan bahan yang fleksibel dan merupakan limbah padat yang nantinya akan menimbulkan masalah apabila tidak dikelola dengan baik, maka hal inilah yang melatarbelakangi pemanfaatan bahan li…
Seiring dengan kemajuan teknologi banyak menimbulkan dampak buruk pada lingkungan sekitar. Salah satu contoh limbah yang ada adalah ban karet luar bekas dari kendaraan bermotor atau mobil yang tida…