The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PENENTUAN SEGMENTASI PASAR MENGGUNAKAN TEKNIK CLUSTERING UNTUK MENGETAHUI MEDIA PROMOSI YANG EFEKTIF PADA UNIVERSITAS TERBUKA (UT) PALEMBANG

Skripsi

PENENTUAN SEGMENTASI PASAR MENGGUNAKAN TEKNIK CLUSTERING UNTUK MENGETAHUI MEDIA PROMOSI YANG EFEKTIF PADA UNIVERSITAS TERBUKA (UT) PALEMBANG

Krismon, Adelia Mareta - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Proses penerimaan calon mahasiswa baru di Universitas Terbuka Palembang setiap tahun menghasilkan data yang sangat banyak berupa profil calon mahasiswa. Kegiatan tersebut menimbulkan penumpukan data dalam jumlah besar, hal ini menjadi kesulitan untuk melakukan identifikasi terhadap data calon mahasiswa. Data tersebut dapat dikelola agar mendapatkan pola atau informasi penting sebagai rujukan institusi untuk mengambil sebuah keputusan, salah satunya untuk menentukan media promosi. Penentuan media promosi yang tepat dapat meningkatkan daya saing dan pemerataan mahasiswa disetiap daerah. Penelitian ini membahas tentang penerapan data mining, menggunakan algoritma K-Means clustering untuk menghasilkan profil yang memiliki kemiripan atribut data yang sama. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah CRISP-DM. Atribut yang digunakan umur, jenis kelamin, pendidikan terakhir, media promosi, program studi, dan daerah asal. Data yang akan di proses data dari tahun 2017, 2018, dan 2019. Berdasarkan hasil penelitian ini, menghasilkan jumlah data mahasiswa terbagi menjadi 3 cluster. Dari data tersebut bisa dilihat profil mahasiswa berdasarkan data media promosi yang efektif. Misalkan pada data tahun 2017 menghasilkan profil data berupa data mahasiwa dengan rata – rata umur 22 tahun, berjenis kelamin perempuan, dengan riwayat pendidikan terakhir SLTA, program studi yang diambil PGSD S1, dan mahaisiwa berdomisili di kota Palembang.


Availability
Inventory Code Barcode Call Number Location Status
2107002178T54368T543682021Central Library (Referens)Available but not for loan - Not for Loan
Detail Information
Series Title
-
Call Number
T543682021
Publisher
Inderalaya : Fakultas Ilmu Komputer, Prodi Sistem Informasi., 2021
Collation
xv, 115 hlm,: ilus.; 29 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
004.660 7
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Metode Transmisi Data
Prodi Sistem Informasi
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
MURZ
Other version/related

No other version available

File Attachment
  • PENENTUAN SEGMENTASI PASAR MENGGUNAKAN TEKNIK CLUSTERING UNTUK MENGETAHUI MEDIA PROMOSI YANG EFEKTIF PADA UNIVERSITAS TERBUKA (UT) PALEMBANG
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search