Skripsi
PENENTUAN SEGMENTASI PASAR MENGGUNAKAN TEKNIK CLUSTERING UNTUK MENGETAHUI MEDIA PROMOSI YANG EFEKTIF PADA UNIVERSITAS TERBUKA (UT) PALEMBANG
Proses penerimaan calon mahasiswa baru di Universitas Terbuka Palembang setiap tahun menghasilkan data yang sangat banyak berupa profil calon mahasiswa. Kegiatan tersebut menimbulkan penumpukan data dalam jumlah besar, hal ini menjadi kesulitan untuk melakukan identifikasi terhadap data calon mahasiswa. Data tersebut dapat dikelola agar mendapatkan pola atau informasi penting sebagai rujukan institusi untuk mengambil sebuah keputusan, salah satunya untuk menentukan media promosi. Penentuan media promosi yang tepat dapat meningkatkan daya saing dan pemerataan mahasiswa disetiap daerah. Penelitian ini membahas tentang penerapan data mining, menggunakan algoritma K-Means clustering untuk menghasilkan profil yang memiliki kemiripan atribut data yang sama. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah CRISP-DM. Atribut yang digunakan umur, jenis kelamin, pendidikan terakhir, media promosi, program studi, dan daerah asal. Data yang akan di proses data dari tahun 2017, 2018, dan 2019. Berdasarkan hasil penelitian ini, menghasilkan jumlah data mahasiswa terbagi menjadi 3 cluster. Dari data tersebut bisa dilihat profil mahasiswa berdasarkan data media promosi yang efektif. Misalkan pada data tahun 2017 menghasilkan profil data berupa data mahasiwa dengan rata – rata umur 22 tahun, berjenis kelamin perempuan, dengan riwayat pendidikan terakhir SLTA, program studi yang diambil PGSD S1, dan mahaisiwa berdomisili di kota Palembang.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107002178 | T54368 | T543682021 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available