Text
Pemanfaatan media powerpoint untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bangun ruang kelas V di SDN 147 Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa dengan menggunakan media powerpoint pada materi bangun ruang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VD SD Negeri 147 Palembang yang berjumlah 35 siswa, yang terdiri dari 18 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis berupa 5 soal essay dan lembar observasi untuk mengamati aktivitas siswa. Hasil penelitian pada pelaksanaan siklus I menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa yaitu 70,154 dengan persentase ketuntasan belajar siswa 71,42%, dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan rata-rata hasil belajar siswa 90,473 dengan persentase ketuntasan belajar siswa 97,14%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media powerpoint pada materi bangun ruang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VD SD Negeri 147 Palembang.
No copy data
No other version available