Skripsi
PENGARUH PENULISAN JURNAL BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNITIF PESERTA DIDIK BIOLOGI PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI SMA NEGERI 1 SEMENDAWAI BARAT
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penulisan jurnal belajar terhadap keterampilan metakognitif peserta didik kelas XI IPA pada materi sistem reproduksi SMA Negeri 1 Semendawai Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-eksperimental design dengan bentuk desain non-equivalent grub design. Pemilihan sampel penelitian menggunakan teknik simple random sampling. Pengambilan data dilakukan di kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 15 orang peserta didik dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol sebanyak 15 orang peserta didik. Keterampilan metakognitif dinilai dari jawaban peserta didik atas 5 soal uraian teintegrasi kognitif (C4-C6) meliputi keterampilan metakognitif perencanaan, pengawasan dan evaluasi. Penskoran jawaban dilakukan menggunakan rubrik penilaian keterampilan metakognitif Corebima (2009). Hipotesis penelitian dianalisis melalui Uji-t menggunakan aplikasi SPSS 22. Hasil post-test tersebut menunjukkan adanya perbedaan rata-rata nilai keterampilan metakognitif peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol (82,8 > 64,53). Berdasarkan hasil perhitungan Uji-t pada taraf signifikasi 0,05 diperoleh Thitung keterampilan metakognitif lebih besar dari pada nilai t tabel yaitu 0,003 < 0,05 sehingga hipotesis nol (H 0) ditolak dan hipotesis alternatif (H a) diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan penulisan jurnal belajar terhadap keterampilan metakognitif peserta didik SMA Negeri 1 Semendawai Barat pada materi sistem reproduksi. Kata Kunci: Keterampilan Metakognitif, Penulisan Jurnal Belajar, Sistem Reproduksi.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107001166 | T51716 | T517162021 | Central Library (REFERENSI) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available