The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PENGARUH PENULISAN JURNAL BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNITIF PESERTA DIDIK BIOLOGI PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI SMA NEGERI 1 SEMENDAWAI BARAT

Skripsi

PENGARUH PENULISAN JURNAL BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNITIF PESERTA DIDIK BIOLOGI PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI SMA NEGERI 1 SEMENDAWAI BARAT

Sepsiana, Sepsiana - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penulisan jurnal belajar terhadap keterampilan metakognitif peserta didik kelas XI IPA pada materi sistem reproduksi SMA Negeri 1 Semendawai Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-eksperimental design dengan bentuk desain non-equivalent grub design. Pemilihan sampel penelitian menggunakan teknik simple random sampling. Pengambilan data dilakukan di kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 15 orang peserta didik dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol sebanyak 15 orang peserta didik. Keterampilan metakognitif dinilai dari jawaban peserta didik atas 5 soal uraian teintegrasi kognitif (C4-C6) meliputi keterampilan metakognitif perencanaan, pengawasan dan evaluasi. Penskoran jawaban dilakukan menggunakan rubrik penilaian keterampilan metakognitif Corebima (2009). Hipotesis penelitian dianalisis melalui Uji-t menggunakan aplikasi SPSS 22. Hasil post-test tersebut menunjukkan adanya perbedaan rata-rata nilai keterampilan metakognitif peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol (82,8 > 64,53). Berdasarkan hasil perhitungan Uji-t pada taraf signifikasi 0,05 diperoleh Thitung keterampilan metakognitif lebih besar dari pada nilai t tabel yaitu 0,003 < 0,05 sehingga hipotesis nol (H 0) ditolak dan hipotesis alternatif (H a) diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan penulisan jurnal belajar terhadap keterampilan metakognitif peserta didik SMA Negeri 1 Semendawai Barat pada materi sistem reproduksi. Kata Kunci: Keterampilan Metakognitif, Penulisan Jurnal Belajar, Sistem Reproduksi.


Availability
Inventory Code Barcode Call Number Location Status
2107001166T51716T517162021Central Library (REFERENSI)Available but not for loan - Not for Loan
Detail Information
Series Title
-
Call Number
T517162021
Publisher
Inderalaya : FKIP UNSRI., 2021
Collation
xv, 224 hlm.; ilus., tab.: 28 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
373.07
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Keguruan dan ilmu pendidikan
Jurnal belajar
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
EM
Other version/related

No other version available

File Attachment
  • PENGARUH PENULISAN JURNAL BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNITIF PESERTA DIDIK BIOLOGI PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI SMA NEGERI 1 SEMENDAWAI BARAT
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search