Skripsi
EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI ANDROID BERBASIS TEORI PERUBAHAN KONSEPTUAL PADA MATERI TATA SURYA DAN FASE BULAN MATA KULIAH IPBA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran aplikasi android berbasis teori perubahan konseptual pada materi tata surya dan fase bulan mata kuliah IPBA. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa pendidikan fisika semester dua angkatan 2019 kelas indralaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimental dengan desain penelitian one group pretest-posttest design dengan sampel penelitian yang digunakan yaitu seluruh mahasiswa pendidikan fisika semester dua angkatan 2019 kelas indralaya yang berjumlah 46 mahasiswa. Proses pembelajaran menggunakan media pembelajaran aplikasi android berbasis teori perubahan konseptual pada materi tata surya dan fase bulan. Pengumpulan data menggunakan tes multiple choice yang berjumlah sebanyak 25 soal. Berdasarkan dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 53,74 dengan nilai tertinggi 72 dan terendah 32. Setelah diberikan treatment, diperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 77,74 dengan nilai tertinggi 92 dan terendah 64. Berdasarkan perolehan hasil rata-rata analisis N-gain diperoleh nilai sebesar 0,51 yang termasuk kedalam kategori sedang, sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran aplikasi android berbasis teori perubahan konseptual efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa. Kata kunci : Media Pembelajaran, Teori Perubahan Konseptual, Pemahaman Konsep
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107001160 | T40928 | T409282021 | Central Library (REFERENSI) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available