Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 PALEMBANG
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write terhadap aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian jenis eksperimen yang menggunakan desain Pre Experimental Design dengan bentuk One Shot Case Study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X IPS di SMANegeri 1 Palembang. Sampel penelitian ini menggunakan Cluster Random Sampling, dan sampel yang terpilih adalah kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 33 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan dokumentasi, proses pembelajaran menggunakan Zoom Cloud Meetings.Analisis data menggunakan statistik non parametris yaitu Uji Chi Kuadrat satu sampel dan diperoleh ≥ yaitu 144,49 ≥ 7,81 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dengan rerata persentase aktivitas belajar peserta didik di kelas eksperimen sebesar 80,10% dikatagorikan aktif. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write terhadap aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Palembang. Disarankan dapat digunakan untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi, dan sebagai masukan dalam memilih model pembelajaran yang dapatdigunakan dalam proses pembelajaran ekonomi. Kata-kata Kunci: Think Talk Write, Aktivitas Belajar
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107001169 | T41954 | T419542021 | Central Library (REFERENSI) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available