Text
Mobilisasi sumber daya dalam meningkatkan minat belajar anak usia dini (studi pada gerakan rumah belajar ceria di kota palembang)
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mobilisasi sumber daya dalam meningkatkan minat belajar anak usia dini (studi pada gerakan rumah belajar ceria di kota palembang). penelitian ini mengkaji permasalahan mengenai bagaimana upaya gerakan rumah belajar ceria dalam meningkatkan minat belajar anak usia dini di kota pelembang. penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui teknik observasi dan wawancara guna mendapatkan temuan dilapangan. teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori mobilisasi sumber daya dari McCharthy yang menjelaskan keberhasilan suatu gerakan dapat di lihat berdasarkan struktur mobilisasi, tibdakan aktor dan hambatanya, gaya kepemimpinan, serta mobilisasi sumber dya gerakan tersebut. hasil penelitian menunjukan bahwa dalam mencapai tujuan bersama anggota gerakan RBC, ketua gerakan RBC menganut sistem kepemimpinan yang berorientasi pada tujuan, demokrasi, dan bersifat partisipatif, struktur mobilisasi terkait masalah keanggotan gerakan RBC adalah melalui jaringan pertemanan, unit keluarga, komunitas lain, dan organisasi masyarakat seperti misalnya karang taruna. pengajar gerakan RBC menggunakan berbagai metode dalam proses belajar mengajar, seperti misalnya belajar sambil bermain, menciptakan suasana kelas yang bebas dari ancaman, membantu anak untuk gerakan RBC dalam meningkatkan minat belajar, gerakan RBC juga memfokuskan pada upaya mobilisasi gerakan baik mobilisasi sumber daya material maupun sumber daya non materiasl.
No copy data
No other version available