Skripsi
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI SIMULASI DEBAT BERBASIS MOODLE UNTUK SISWA KELAS X SMAN 1 INDRALAYA UTARA
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kebutuhan siswa dan guru di SMAN 1 Indralaya Utara terhadap media pembelajaran video animasi simulasi debat, (2) merancang media pembelajaran video animasi simulasi debat berbasis MOODLE berdasarkan hasil analisis kebutuhan siswa dan guru, (3) mendeskripsikan hasil validasi ahli terhadap media pembelajaran video animasi simulasi debat berbasis MOODLE. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan teori Alessi & Trollip yang terdiri atas tahap perencanaan, tahap desain, dan tahap pengembangan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, kuesioner, dan lembar validasi ahli. Wawancara dilakukan untuk menjawab kebutuhan guru. Data yang diperoleh dari kuesioner untuk menjawab kebutuhan siswa. lembar validasi ahli untuk menilai kevalidan dari media pembelajaran yang peneliti kembangkan. Uji validasi dilakukan oleh tiga validator yang terdiri dari ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Hasil validasi diketahui bahwa kevalidan dari aspek media mendapatkan nilai 64 dengan persentase 88% dari nilai total 72. Uji validasi dari aspek materi memperoleh nilai sebanyak 59 dengan persentase 92,1% dari nilai total 60. Kemudian, uji validasi dari aspek kebahsaan memperoleh nilai sebanyak 28 dengan persentase 70% dari nilai 40. Berdasarkan hasil validasitersebut, media pembelajaran video animasi simulasi debat ini dikategorikan sangat valid. Kata kunci: video animasi simulasi, debat, MOODLE.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107001148 | T51326 | T513262021 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available