The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PERANAN KELOMPOK SEBAYA DALAM AKTIVITAS PEMBELAJARAN PADA SISWI SMP NEGERI 9 PALEMBANG

Skripsi

PERANAN KELOMPOK SEBAYA DALAM AKTIVITAS PEMBELAJARAN PADA SISWI SMP NEGERI 9 PALEMBANG

Zulhijah, Sucie Ekawaty - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini beijudul “Peranan Kelompok Sebaya Dalam Aktivitas Pembelajaran Pada Siswi SMP Negeri 9 Palembang”. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana proses terbentuknya kelompok sebaya pada siswi SMP Negeri 9 Palembang dan bagaimana peranan kelompok sebaya dalam aktivitas pembelajaran pada siswi SMP Negeri 9 Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan unit analisis siswi SMP Negeri 9 Palembang dengan rentang umur dua belas sampai lima belas tahun yang mempunyai kelompok sebaya. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara mendalam pada 12 informan serta dengan melakukan observasi secara langsung dan dokumentasi. Data dianalisis dengan melalui tiga tahap, yaitu tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan tahap verifikasi atau kesimpulan. Berdasarkan data dan hasil temuan yang diperoleh di lapangan, penelitian ini menggambarkan bahwa proses terbentuknya kelompok sebaya pada siswi SMP Negeri 9 Palembang adalah dengan interaksi sosial antara anak dengan teman-teman kelompok sebayannya. Bentuk interaksi sosial tersebut adalah interaksi yang terus menerus dilakukan sehingga mereka sangat mudah untuk saling mempengaruhi, menciptakan lingkaran sosial, dan membentuk kedekatan sehingga mereka saling tergantung satu sama lain. Dimana sesuai dengan gagasan George Simmel mengenai tipe dan bentuk interaksi sosial yang disebut “Geometri Sosial” yaitu jumlah, ukuran kelompok, dan jarak. Selain itu peranan kelompok sebaya dalam aktivitas pembelajaran pada siswi SMP Negeri 9 Palembang yaitu menjadi penyemangat untuk saling men-support semangat belajar, mempengaruhi keseriusan belajar, penyemangat bersekolah, dan bisa juga menjadi pengaruh negatif dalam belajar, serta dapat mempengaruhi prestasi dalam pendidikan.


Availability
Inventory Code Barcode Call Number Location Status
1407003209T56962T569622014Central Library (REFERENCES)Available but not for loan - Not for Loan
Detail Information
Series Title
-
Call Number
T569622014
Publisher
Inderalaya : Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sriwijaya., 2014
Collation
xiii, 88 hlm.; tab.; 28 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
305.207
Content Type
Text
Media Type
unmediated
Carrier Type
unspecified
Edition
-
Subject(s)
Jurusan Sosiologi
Kelompok Umur
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
Furika
Other version/related

No other version available

File Attachment
  • PERANAN KELOMPOK SEBAYA DALAM AKTIVITAS PEMBELAJARAN PADA SISWI SMP NEGERI 9 PALEMBANG
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search