Skripsi
SIKAP NASABAH SHAR-E DALAM MEMPEROLEH JASA LAYANAN PT. BANK MUAMALAT INDONESIA, TBK. KANTOR CABANG PALEMBANG
Penelitian ini berjudul ” Sikap Nasabah Shar-E Dalam Memperoleh Jasa Layanan PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Kantor Cabang Palembang” permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana sikap nasabah Shar-E PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk dalam memperoleh jasa layanan perbankan dan apa faktor yang mempengaruhi sikap nasabah Shar-E dalam menggunakan layanan PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk kantor cabang Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sikap nasabah Shar-E dalam memperoleh jasa layanan PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk kantor cabang Palembang dan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi sikap nasabah Shar-E dalam menggunakan jasa layanan PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk kantor cabang Palembang. Manfaat teoritis dari penelitian ini adalah diharapkan dapat berguna bagi perkembangan konsep dalam pengembagan konsep dalam ilmu sosial. Manfaat praktisnya diharapkan memberikan wawasan secara keseluruhan mengenai sikap nasabah dalam mmperoleh jasa layanan perbankan syariah Bank Muamalat Indonesia. Diharapkan dapat memberi masukan kepada para praktisi dunia perbankan dengan pemasaran sosial dalam rangka lebih mengenalkan perbankan syariah serta meningkatkan kualitas layanannya kepada masyarakat Penelitian ini merupakan penelitian deskriptifkualitatif, menggambarkan data deskriptif dari fenomena yang dikaji dengan unit analisis nasabah yang menggunakan tabungan Shar-E Bank Muamalat Indonesia. Penarikan informan dilakukan dengan cara purposive yang didasarkan atas pertimbangan terhadap informan yang akan dijadikan sumber data. Teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data digunakan adalah dengan beberapa tahapan yaitu reduksi data, tahap penyajian data dan kesimpulan. Hasil peneltian menunjukan berdasarkan pengalaman, persepsi, pemahaman, dan penafsiran nasabah terhadap layanan Bank Muamalat Indonesia yang mereka dapatkan selama menjadi nasabah Shar-E Bank Muamalat Indonesia membentuk sikap puas dan kurang puas terhadap layanan yang diberikan. Sikap puas dan kurang puas mempengaruhi loyalitas (kesetiaan) terhadap Shar-E Bank Muamalat Indonesia. Perilaku nasabah yang puas akan bertahan dan punya keinginan mengajak orang lain. Sikap kurang puas cenderung berpindah ke layanan perbankan syariah atau konvensional lainnya. Sikap tersebut dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang mempengaruhi ialah faktor keyakinan nasabah akan perbankan syariah yang bersumber dari nilai spiritual. Sedangkan faktor eksternal yaitu pengetahuan nasabah akan perbankan syariah dan operasionalnya, kualitas layanan yang diberikan Bank Muamalat Indonesia (kehandalan, keberwujudan, daya tanggap, jaminan, dan empati), dan fasilitas fisik dan jaringan Bank Muamalat Indonesia.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1007001343 | T52616 | T526162010 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available