Skripsi
PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA 3D TERHADAP REPRESENTASI PESERTA DIDIK KELAS XI IPA 3 PADA MATERI JARINGAN TUMBUHAN DI SMA N 1 SEMENDAWAI BARAT
Representasi merupakan bagaimana penggambaran model yang dibuat seseorang, sehingga orang yang bersangkutan dapat melihat apa yang telah dilakukan dan dapat berbagi dengan orang lain. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbantuan media 3D terhadap representasi peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi-Exprerimental Design dengan bentuk desain Non- Equivalent Grupt Design. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik Random Sampling. Pengambilan data dilakukan di kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 18 0rang peserta didik dan XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen sebanyak 17 orang peserta didik. Data penelitian diambil dengan instrumen tes berupa soal essay yang terdiri dari 10 soal untuk mengukur representasi peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan nilai signifikan uji-t kemampuan representasi 0,000 yang berarti model dicovery learning berbantuan media 3D berpengaruh signifikan terhadap kemampuan peserta didik. Rata-rata nilai kemampuan representasi peserta didik meningkat, dari uji n-gain bahwa pada kelas kontrol mendapatkan nilai sebesar 0,59 pada kategori sedang dan pada kelas eksperimen sebesar 0,75 pada kategori tinggi. Kesimpulan penelitian adalah pembelajaran menggunakan model discovery learning berbantuan media 3D berpengaruh signifikan terhadap representasi peserta didik kelas XI IPA 3 pada materi jaringan tumbuhan di SMA N 1 Semendawai Barat. Kata Kunci : Discovery learning berbantuan media 3D, kemampuan representasi, struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107000978 | T51700 | T517002021 | Central Library (REFERENSI) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available