Skripsi
PENERAPAN PENILAIAN PEMBELAJARAN BIDANG MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B DALAM MASA PANDEMI COVID-19 DI TK SE-KECAMATAN INDRALAYA
Penelitian ini bertujuan untuk melihat berapa persentase penerapan penilaian pembelajaran bidang pengembangan motorik halus anak kelompok B dalam masa pandemi covid-19 yang dilaksanakan oleh guru di TK se-Kecamatan Indralaya dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 45 orang guru yang ada di 6 TK di Kecamatan Indralaya. Sampel diambil 30% dari jumlah populasi yaitu 13 guru dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan alasan perizinan dan perwakilan guru dari 6 TK yang ada di Kecamatan Indralaya. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan statistik dekskriptif yaitu menghitung persentase nilai dari hasil angket dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan capaian persentase nilai akhir dari skor lembar observasi dan angket yang diperoleh adalah 78,75% berada pada kategori baik. Dengan rincian 4 guru dari 13 guru atau sebesar 31% berasal dari TK Islam Luthfiah dan TK Islam Raudhatul Ulum mendapatkan nilai dengan kategori sangat baik. Kemudian 9 guru dari 13 guru atau sebesar 69% berasal dari TKN Pembina, TK Pertiwi, TK IT Menara Fitrah, dan TK Islam Al-Ittifaqiah mendapatkan nilai dengan kategori baik. Indikator tertinggi ialah menyusun dan menyepakati tahap, teknik penilaian dan menetapkan indikator capaian perkembangan bidang motorik halus, melaksanakan proses penilaian sesuai dengan tahap, teknik, dan instrumen penilaian perkembangan bidang motorik halus, dan melaporkan capaian perkembangan bidang motorik halus anak pada orang tua, sedangkan untuk indikator yang terendah adalah menyusun dan menyepakati instrumen penilaian perkembangan bidang motorik halus dan mendokumentasikan penilaian proses dan hasil belajar bidang motorik halus secara akuntabel dan transparan.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107000982 | T86202 | T862022021 | Central Library (REFERENSI) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available