Skripsi
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI GELOMBANG STASIONER DAN GELOMBANG BERJALAN BERBASIS KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS UNTUK SMA KELAS XI
Telah dikembangkan media pembelajaran interaktif pada materi gelombang stasioner dan gelombang berjalan berbasis keterampilan berpikir kritis untuk SMA kelas XI yang valid dan praktis. Media pembelajaran ini dikembangkan dengan menggunakan model pengembangan Rowntree yang terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap perencanaa, tahap pengembangan dan tahap evaluasi dimana tahap evaluasi ini menggunaakan tahap evaluasi formatif Tessmer yang terdapat empat tahapan, yaitu self evaluation, expert review, one-to-one evaluation dan small group evaluation. Penelitian pengembangan media pembelajaran ini menggunakan dua teknik pengumpulan data yaitu walkthough serta data angket. Hasil pada expert review pada aspek isi, desain dan bahasa secara berturut-turut yaitu sebesar 98,46% , 95,0/5 , dan 97,5% yang memenuhi kategori sangat valid. Pada tahapan one-to-one evaluation dari tanggapan peserta didik terhadap media pembelajaran interaktif yang digunkan yaitu dengan skor rata-rata 80,67% dan termasuk kedalam kategori praktis. Pada tahap uji coba small group evaluation, skor rata-rata yang diperoleh sebesar 87,33% dan memenuhi kategori sangat praktis. Sehingga dengan demikian, berdasarkan data hasil penelitian dapat dikatakan bahwa pengmbangan media pembelajaran yang dikembangkan oleh peneliti sangat valid dan sangat praktis.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107001222 | T48923 | T489232021 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available