Skripsi
ANALISIS MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS GOOGLE CLASSROOM PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 1 INDRALAYA SELATAN
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik kelas X pada pembelajaran biologi berbasis google classroom di SMAN 1 Indralaya Selatan. Jenis penelitian ini deskriptif, sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMAN 1 Indralaya Selatan yang berjumlah 73 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh. Data diperoleh melalui pengisian kuesioner yang dibagikan melalui google form untuk mengetahui kategori motivasi belajar biologi peserta didik dengan jumlah item sebanyak 33 item. Pengukuran terhadap masing-masing pernyataan menggunakan skala likert, yaitu: 1) sangat tidak setuju; 2) tidak setuju; 3) setuju; 4) sangat setuju. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar peserta didik yang dianalisis adalah rata-rata indikator tekun menghadapi tugas 69.75% berkategori tinggi, ulet menghadapi kesulitan dengan rata-rata 69.38% berkategori tinggi, menunjukkan minat dengan rata-rata 65.34% berkategori tinggi, senang bekerja mandiri dengan rata-rata 71.64% berkategori tinggi, kegiatan pembelajaran yang menarik dengan rata-rata 68.15% berkategori tinggi, dapat mempertahankan pendapatnya dengan rata-rata 68.42% berkategori tinggi, dan senang mencari dan memecahkan masalah soal-soal dengan rata-rata 78.42% berkategori tinggi. Rata-rata keseluruhan indikator motivasi belajar peserta didik adalah sebesar 69.30% dengan kategori tinggi. Kata Kunci: Pembelajaran Biologi, Motivasi Belajar, Google Classroom
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107000953 | T51638 | T516382021 | Central Library (REFERENSI) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available