Skripsi
PENGARUH MIND MAPPING TERHADAP SYSTEM THINKING PESERTA DIDIK KELAS X PADA TOPIK STRUKTUR TROFIK DI SMA N 10 PALEMBANG
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang pengaruh mind mapping terhadap system thinking peserta didik pada topik struktur trofik di SMA N 10 Palembang. Metode yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Sample Random Sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan soal uraian dan angket. Hasil penelitian menunjukkan data yang terdistribusi normal dan homogen dengan uji hipotesis menunjukkan nilai sig. (2-tailed) pada uji paired sampel test bernilai 0,795 dan data yang tidak terdistribusi normal dilanjutkan dengan uji Mann- whitney. Hasil analisis data rata-rata test akhir kelas eksperimen sebesar 69,47 dan kelas kontrol sebesar 66,12. Penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan mind mapping terhadap berpikir sistem peserta didik, namun tetap terjadi pengaruh terutama pada indikator I struktur dan peran komponen. Penelitian ini memiliki kekurangan dalam hal sampel yang kecil dan pembelajaran daring serta diharapkan adanya penelitian dengan sampel yang lebih besar dan dilaksanakan secara luring. Kata kunci: mind mapping, berpikir sistem, struktur trofik.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107000952 | T51740 | T517402021 | Central Library (REFERENSI) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available