Text
Kualitas pelayanan pembuatan izin gangguan di Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Ogan Ilir
Penelitian ini dilatarbelakangi masalah pelayanan yang penyelesaiannya masih banyak yang tidak tepat waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan secara spesifik bagaimana kualitas pelayanan pembuatan izin gangguan di KPPTSP Kabupaten Ogan Ilir. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan teknik deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, observasi dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang berkunjung ke KPPTSP untuk membuat Surat Izin Gangguan. Sampel pada penelitian berjumlah 64 responden. Penelitian ini menggunakan teori Zeithaml dengan pendekatan persepsi masyarakat meliputi aspek kualitas pelayanan meliputi bukti langsung, keandalan, daya tanggap, kompetensi, kesopanan, kredibilitas, keamanan, akses, komunikasi, dan memahami pelanggan. Hasil analisis dan interpretasi data dari kuesioner menunjukan bahwa masih banyak masyarakat yang menilai tidak puas dengan pelayanan yang diterima. Dari 20 pernyataan pada kuesioner, hanya 2 pernyataan yang mendapat hasil puas. Dari penelitian ini didapatkan kesenjangan antara persepsi dan ekspektasi adalah 0, 44. Kendala yang dihadapi dalam proses pelayanan adalah kurang ketersediaannya alat komunikasi dan kurang tanggapnya pegawai terhadap pelayanan. Rekomendasi dari penelitian ini adalah menambah ketersediaan alat komunikasi didalam kantor, memperbaiki proses pendekatan kontak secara pribadi dengan konsumen dan memperbaiki dan meningkatkan pelayanan agar pelayanan yang diberikan kepada konsumen selesai tepat waktu dan sesuai standar.
No copy data
No other version available