Text
Pola kegiatan mengamati pada pembelajaran tematik berpendekatan saintifik tema hidup bersih dan sehat di Kelas 2 SD Muhammadiyah 6 Palembang
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kegiatan mengamati yang dilakukan guru dalam pembelajaran, mendeskripsikan objek kegiatan mengamati yang disediakan guru dalam masing-masing kegiatan, mendeskripsikan prosedur mengamati dalam masing-masing kegiatan, mendeskripsikan bentuk keterlibatan siswa dalam kegiatan mengamati, dan mendeskripsikan durasi masing-masing kegiatan mengamati. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IID SD Muhammadiyah 6 Palembang, jumlah 32 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian dilakukan sebanyak 10 hari. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dan siswa melakukan kegiatan pola-pola mengamati melalui melihat, membaca, mendengar, dan menyimak. Kegiatan mengamati yang paling banyak dilakukan oleh guru dan siswa dalam 2 subtema yaitu mendengarkan dengan persentase 35%, kemudian melihat dengan persetanse 32%, selanjutnya membaca dengan persentase 20%, dan terakhir menyimak dengan persentase 13%. Objek yang disediakan guru bervariasi, seperti alat peraga, teks bacaan, guru, dan siswa. Guru telah memfasilitasi siswa dengan objek dan membimbing siswa untuk melakukan prosedur dari kegiatan mengamati. Bentuk keterlibatan siswa dilakukan secara individu dengan persentase 19% dan kelompok dengan persentase 81%. Durasi yang paling banyak dari masing-masing kegiatan mengamati yaitu mendengar 38%, kemudian melihat 32%, selanjutnya membaca 17%, dan terakhir menyimak 13%.
No copy data
No other version available