The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pola kegiatan mengamati pada pembelajaran tematik berpendekatan saintifik tema hidup bersih dan sehat di Kelas 2 SD Muhammadiyah 6 Palembang

Text

Pola kegiatan mengamati pada pembelajaran tematik berpendekatan saintifik tema hidup bersih dan sehat di Kelas 2 SD Muhammadiyah 6 Palembang

Maretta Fitria Utami - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kegiatan mengamati yang dilakukan guru dalam pembelajaran, mendeskripsikan objek kegiatan mengamati yang disediakan guru dalam masing-masing kegiatan, mendeskripsikan prosedur mengamati dalam masing-masing kegiatan, mendeskripsikan bentuk keterlibatan siswa dalam kegiatan mengamati, dan mendeskripsikan durasi masing-masing kegiatan mengamati. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IID SD Muhammadiyah 6 Palembang, jumlah 32 siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian dilakukan sebanyak 10 hari. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dan siswa melakukan kegiatan pola-pola mengamati melalui melihat, membaca, mendengar, dan menyimak. Kegiatan mengamati yang paling banyak dilakukan oleh guru dan siswa dalam 2 subtema yaitu mendengarkan dengan persentase 35%, kemudian melihat dengan persetanse 32%, selanjutnya membaca dengan persentase 20%, dan terakhir menyimak dengan persentase 13%. Objek yang disediakan guru bervariasi, seperti alat peraga, teks bacaan, guru, dan siswa. Guru telah memfasilitasi siswa dengan objek dan membimbing siswa untuk melakukan prosedur dari kegiatan mengamati. Bentuk keterlibatan siswa dilakukan secara individu dengan persentase 19% dan kelompok dengan persentase 81%. Durasi yang paling banyak dari masing-masing kegiatan mengamati yaitu mendengar 38%, kemudian melihat 32%, selanjutnya membaca 17%, dan terakhir menyimak 13%.


Availability

No copy data

Detail Information
Series Title
-
Call Number
372.707 Mar p 2015
Publisher
Inderalaya : ., 2015
Collation
xv, 169 hlm. : ilus.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
372.707
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Pendekatan saintifik
Pembelajaran Tematik
Pola Kegiatan Mengamati.
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
-
Other version/related

No other version available

File Attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search