Skripsi
GAME EDUKASI MENGGUNAKAN METODE DYNAMIC CHALLENGE LEVEL ADAPTER
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui mekanisme Dynamic Challenge Level Adapter (DCA) bisa diaplikasikan dalam game tebak gambar berbahasa inggris dan game Snake, serta (2) untuk mengetahui tingkat kepuasan bermain dengan penambahan DCA pada permainan. Metode penelitian ini menggunakan metode Dynamic Challenge level Adapter, dimana tingkat kecerdasan buatan (Artificial Intellegence) ditentukan dengan tingkat kesulitan yang dibuat dalam game Snake dan Guess the Picture dalam permainan. Teknik penelitian ini menggunakan fitur gameplay yang telah disediakan dengan 3 level pada permainan, yaitu level easy, level normal dan level hard. Hasil penelitian ini mengenai (1) mekanisme Dynamic Challenge Level Adapter (DCA) bisa diaplikasikan dalam game tebak gambar berbahasa inggris dan game Snake, dinyatakan bahwa dari analisa kuisioner, penilaian terhadap perangkat lunak adalah 73,33% fitur mudah digunakan, respon perangkat lunak cepat, dan proses belajar menjadi lebih menarik; (2) tingkat kepuasan bermain dengan penambahan DCA pada permainan didapatkan bahwa 86,7% dari 30 anak di sekolah dasar merasa puas dengan permainan Guess the Picture dan hanya 46,7% dari 30 anak merasa puas dengan permainan Snake. Kata kunci : Dynamic Challenging, Level Adapter, Permainan Edukasi.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2007000071 | T37959 | T379592020 | Central Library (REFERENSI) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available