The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PERLINDUNGAN HUKUM KONSUMEN PENGGUNA JASA OJEK ONLINE KENDARAAN SEPEDA MOTOR DIKAJI DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

Skripsi

PERLINDUNGAN HUKUM KONSUMEN PENGGUNA JASA OJEK ONLINE KENDARAAN SEPEDA MOTOR DIKAJI DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

Aditya, Mochzar Alfitrah - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Ojek online merupakan salah satu sarana transportasi yang banyak diminati oleh masyaraka. Namun, ojek online kendaraan bermotor bukan merupakan angkutan umum yang diakui keberadaannya oleh peraturan perundang – undangan dan hubungan hukum antara perusahaan penyedia aplikasi ojek online dan driver ojek online didasarkan kepada perjanjian kemitraan. Hal ini menyebabkan ketidakpastian terhadap proses pertanggungjawaban dan perlindungan konsumen atau pengguna ojek online kendaraan bermotor apabila mengalami kerugian. Permasalahan dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana Perlindungan hukum terhadap konsumen pengguna jasa ojek online kendaraan sepeda motor jika dikaji dengan Undang – Undang Nomor 8 Tahun 1999? (2) Apa upaya yang dapat dilakukan konsumen/pengguna jasa angkutan ojek online jika dirugikan?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian normatif – empiris dan metode pendekatan stative approach, case approach, dan conceptual approach. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan hukum antara perusahaan penyedia aplikasi ojek online dengan driver ojek online merupakan hubungan kemitraan maka pada yang harus bertanggungjawab atas adanya kerugian yang diderita oleh penumpang atau konsumen ojek online adalah driver ojek online itu sendiri. Ketentuan tersebut ditegaskan dalam ketentuan dan syarat dalam perjanjian elektronik kemitraan yang telah ditetapkan oleh perusahaan penyedia aplikasi ojek online. Namun, berdasarkan UU No. 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen sebagai pelaku usaha, perusahaan penyedia aplikasi ojek online wajib untuk memberikan jaminan atau asuransi yang telah disepati dalam perjanjian elektronik.


Availability
Inventory Code Barcode Call Number Location Status
2107001605T50119T501192021Central Library (Referens)Available but not for loan - Not for Loan
Detail Information
Series Title
-
Call Number
T501192021
Publisher
Inderalaya : Fak. Hukum., 2021
Collation
x, 78 hlm,: 29 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
381.307
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Perlindungan konsumen
kebijakan perdagangan
Prodi Ilmu Hukum
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
MURZ
Other version/related

No other version available

File Attachment
  • PERLINDUNGAN HUKUM KONSUMEN PENGGUNA JASA OJEK ONLINE KENDARAAN SEPEDA MOTOR DIKAJI DENGAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search