Skripsi
STRATEGI ADAPTIF DAKWAH JAMA’AH TABLIGH DI INDRALAYA UTARA KELURAHAN TIMBANGAN
Setelah masa para rasul pembawa risalah berakhir yaitu pada baginda Nabi Muhammad SAW. Tugas para Rasul sebagai penyeru jalan kebenaran tersebut dilanjutkan oleh umatnya. Tugas ini kemudian dikenal dengan istilah dakwah. Salah satu kegiatan dakwah Islam yang berkembang di Indonesia saat ini adalah dakwah Jama’ah Tabligh. Pada kegiatan strategi - strategi dakwah Jama’ah Tabligh ini lah yang akan dibahas dalam penelitian ini. Penelitian tentang strategi adaptif dakwah Jama’ah Tabligh dengan masyarakat sekitarnya dilakukan di Kelurahan Timbangan Indralaya Utara. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana asas materi dakwah Jamaah Tabligh, dengan masyarakat sekitarnya dan bagaimana bentuk strategi adaptif dakwah mereka kepada masyarakat sekitarnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat desknftif dengan unit analisis individu masyarakat sekitar dan kelompok individu anggota Jama’ah Tabligh yang tinggal menetap dikecamatan Indralaya Utara Kelurahan Timbangan. Data yang disajikan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder, dimana data primer yaitu kata dan tindakan informan, sementara data sekunder yaitu data dari informan pendukung, buku, dan internet. Data yang diperoleh mengalami tahapan analisis data mulai dari membuat reduksi data, penyajian data, hingga tahapan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa metode strategi-strategi penyampaian dakwah Jama’ah Tabligh ini dikembangkan dengan disesuaikan terhadap asas materi dakwahnya yaitu pada 6 sifat yang dimiilki oleh sahabat radiallahuanhum. Asas materi dakwah Jama’ah Tabligh ini sebagai materi pokok terwujudnya tujuan dakwah yang dicita-citakan. Dalam pemenuhan hubungan baik terhadap masyarakatnya juga, metode strategi-strategi penyampaian dakwah yang digunakan Jama’ah Tabligh merupakan metode strategi adaptif yang kompleks karena menyangkut hubungan antara orang perorangan, antara kelompok-kelompok masyarakat dan antara orang perorangan dengan kelompok masyarakat. Karakteristik individu-individu dan kelompok masyarakat tersebut tidak semuanya sama atau hal ini sama dengan yang disebut dengan kemajemukan masyarakat. Kemajemukan masyarakat kriterianya yaitu terdiri dari tingkat status sosial ekonominya, pengetahuan atau pendidikanya, budaya atau kedaerahannya, serta hobinya. Sehingga dari kriteria karakteristik kemajemukan masyarakat tersebut, untuk dapat mewujudkan tujuan dakwah yang dicita-citakan oleh jama’ah. Maka diperlukan suatu strategi perencanaan-perencanaan adaptasi yang kompleks yaitu dengan pembentukan atau perwujudan hubungan komunikasi yang efektif baik dengan melalui adanya penyesuaian terhadap pelaksanaan dakwah silahturahmi yang disesuaikan berdasarkan kemajemukan masyarakat tersebut Sehingga dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Jama’ah Tabligh dalam strategi dakwahnya tidak terlepas dari perencanaan perencanaan adaptasi yang kompleks, yang disesuaikan dengan keadaan masyarakat sekitarnya.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1007002083 | T52737 | T527372010 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available