Skripsi
STRATEGI ADAPTASI SOSIAL PADA SISWA KURANG MAMPU DI SMU NEGERI 1 PALEMBANG
Penelitian ini beijudul “ Strategi Adaptasi Pada Siswa Kurang mampu Di SMU Negeri I Palembang. Permasalahan yang diambil dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi adaptasi sosial yang di lakukan oleh siswa yang kurang mampu di SMU negeri I Palembang dan Bagaimana simbol-simbol ekonomi yang digunakan oleh siswa SMU I. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh siswa kurang mampu dalam melakukan adaptasi sosial dan juga untuk mengetahui perbedaan simbol-simbol ekonomi yang digunakan oleh siswa SMU I Palembang. Adapun manfaat teoritis dari penelitian ini adalah melalui hasil penelitian, diharapkan dapat memberikan pemahaman tentang konsep adaptasi sosial yang dilakukan oleh siswa yang kurang mampu melalui jalur pendidikan. Selain itu sebagai bentuk pelatihan bagi mahasiswa dalam aplikasi pengetahuan sosial di tengah-tengah masyarakat. Sedangkan manfaat praktisnya melalui hasil penelitian ini, diharapkan dapat memberikan pemahaman tentang keberadaan kelas-kelas sosial dalam dunia pendidikan dan strategi adaptasi sosial yang mereka miliki. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan unit analisis individu siswa yang memiliki tingkat ekonomi kurang mampu ditambah dengan informasi dari pihak-pihak yang mendukung data penelitian, seperti teman-teman sekolah, guru, dan lingkungan yang dekat subjek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses adaptasi yang dilakukan oleh siswa yang kurang mampu ini diawali dengan terjadinya interaksi social antara siswa dengan siswa, siswa dengan guru, dan siswa dengan pegawai sekolah. Dari hal ini akan berkembang menjadi prilaku adaptasi dan Tindakan strategis yang mereka lakukan. Ada beberapa strategi atau cara yang digunakan oleh siswa yang kurang mampu dalam proses adaptasi, salah satunya melalui kelompok belajar atau pada kegiatan ekstrakulikuler. Strategi ini mereka coba wujudkan melalui sikap dan perilaku dalam menjalankan strategi tersebut. Selain terdapat perbedaan simbol-simbol ekonomi yang digunakan antara siswa yang mampu dengan siswa yang kurang mampu dapat terlihat dari penampilan pribadi, peralatan dan perlengkapan sekolah, uang saku, alat transportasi. Dari perbedaan ini diketahui bahwa siswa kurang mampu ini berusaha menyesuaikan sarana dan prasarana (Seperti peralatan dan perlengkapan sekolah) dan dengan keterbatasan ekonomi yang mereka miliki untuk beradapatasi dengan lingkungan sosial mereka di sekolah.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
0507002059 | T50550 | T505502005 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available