Skripsi
PERILAKU KONSUMTIF DALAM LINGKUNGAN REMAJA DI KOTA PALEMBANG (STUDI TENTANG KONSUMSI DAN GAYA HIDUP REMAJA DI KELURAHAN 24 ILIR PALEMBANG)
Penelitian berjudul “Perilaku Konsumtif dalam Lingkungan Remaja di Kota Palembang (Studi Tentang Konsumsi dan Gaya Hidup Remaja di Kelurahan 24 Ilir Palembang)” mengangkat permasalahan tentang perilaku konsumtif dalam lingkungan remaja dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Fokus kajian perilaku konsumtif remaja dihubungkan dengan masalah selera, identitas dan gaya hidup remaja dalam lingkungan pergaulannya. Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh gambaran umum tentang perilaku konsumtif remaja dan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif remaja pada lingkungan pergaulannya. Penelitian mengunakan rancangan kualitatif, dengan pendekatan studi kasus yang dilakukan di Kelurahan 24 ilir Palembang. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara mendalam pada tujuh orang informan kunci serta dengan melakukan observasi secara langsung. Data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa perilaku konsumtif remaja di Kelurahan 24 Ilir Palembang memiliki liga lipe yakni; (i). Perilaku konsumtif remaja sebagai sarana memperoleh identitas sosial atau sebagai suatu proses pembangunan identitas sosial atau citra diri mereka di lingkungan pergaulan mereka seperti: status symbol atau prestise, sensasi, dan popularitas; (2). Perilaku konsumtif remaja sebagai strategi adaptasi ditujukan untuk memenuhi kebutuhan akan penyesuaian sosial dalam lingkungan pergaulan dimana pengkonsumsian suatu benda-benda materi bukan hanya di gunakan untukpemuasan keinginan individu, tetapi juga mempunyai makna yakni sarana dalam menjembatani hubungan sosial; (3). Perilaku konsumtif remaja sebagai the self fulfilling prophecy yang terjadi karena dorongan situasi yang memberikan tekanan kepada subjek yang ada di masyarakat atau lingkungan tertentu. Konsumsi yang mengacu pada perkembangan trend dunia pergaulan remaja berimplikasi terhadap pemenuhan kebutuhan lebih memperlihatkan kepentingan hedonik dari pada sebuah pemenuhan kebutuhan, konsumsi yang digerakan oleh kondisi ini telah menjadi kebiasaan sehingga seolah-olah menjadi kebutuhan. Perilaku konsumtif remaja dipengaruhi oleh faktor persepsi tentang selera, budaya gengsi kepemilikan barang sebagai kualitas simbolik seseorang, media informasi mempromosikan produk, trend dan gaya hidup, status sosial dan ekonomi keluarga, dan keberadaan tempat-tempat perbelanjaan serta fasilitas hiburan di perkotaan. Perilaku konsumtif di Kelurahan 24 Ilir Palembang merupakan sebuah reaksi terhadap struktur sosial yang ada. Pada situasi tertentu, struktur memberi pengaruh terhadap performa individu sehingga aktor bertindak dan bereaksi terhadap dunia sekelilingnya, hal ini dapat dipandang sebagai keseluruhan yang berada antara kepatuhan dan perlawanan terhadap struktur.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
0507000780 | T50533 | T50533 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available