Skripsi
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DI SMP NEGERI 1 BELITANG MULYA
Penerapan model Discovery Learning telah dilaksanakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di SMP Negeri 1 Belitang Mulya. Latar belakang yang menjadi penelitian ini adalah hasil PISA 2015 yang menunjukan rendahnya kemampuan HOTS peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan berupa RPP, LKPD, lembar observasi, dan soal tes yang telah disesuaikan dengan model pembelajaran Discovery Learning dan soal pemecahan masalah. Sebelum digunakan dalam pembelajaran, instrumen penelitian tersebut telah melalui tahapan validasi. Tenik Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan di kelas VIII.1 SMP Negeri 1 Belitang Mulya menggunakan tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang berada dalam kategori cukup baik adalah sebanyak 50% dan 50% lainnya berada dalam kategori kurang. Keterlaksanaan pada pertemuan pertama cukup baik dengan rata-rata 45,2% dan pada pertemuan kedua terlaksana dengan baik dengan rata-rata 67,3%. Kurangnya kemampuan pemecahan masalah matematika tersebut dipengaruhi oleh beberapa hal yang terjadi dalam pembelajaran. Salah satu yang mempengaruhi jalannya penelitian adalah pandemi covid-19 yang membuat duduk peserta didik menjadi lebih berjarak saat diskusi kelompok. Kata-kata kunci: Penerapan, discovery learning, kemampuan pemecahan masalah
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107000859 | T52315 | T523152021 | Central Library (REFERENCE) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available