Text
Pengaruh media powtoon terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas V SD Negeri 254 Palembang pada mata pelajaran bahasa Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media powtoon terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas V SD Negeri 254 Palembang pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-experimental dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Sampel penelitian ini terdiri dari satu kelas yang berjumlah 27 siswa. Instrument penelitian yang digunkan adalah tes menulis berupa menulis puisi dengan tema keindahan alam. Berdasarkan uji prasyarat analisis data pretest dan posttest bahwa data tersebut terdistribusi normal. Setelah hipotesis penelitian diuji dengan uji t diperoleh thitung = 8,83, sedangkan dari tabel distribusi t diperoleh ttable = 1,706 sehingga terlihat bahwa thitung > ttable. Oleh karena itu, Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media powtoon berpengaruh positif terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas V SD Negeri 254 Palembang pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.
No copy data
No other version available