Skripsi
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN GUIDED TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh strategi pembelajaran Guided Teaching terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 4 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan desain Pre-Experimental Design dalam bentuk One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas XI IIS SMA Negeri 4 Bandar Lampung dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IIS 2 yang berjumlah 30 peserta didik sebagai kelas eksperimen yang diambil menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan observasi. Teknik analisis data tes diperoleh dari pretest dan posttest yang diberikan kepada peserta didik sebelum dan sesudah perlakuan strategi pembelajaran Guided Teaching, dan analisis data observasi diperoleh dari hasil observasi pada saat menerapkan strategi pembelajaran. Validitas instrumen dilakukan menggunakan rumus Korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Hipotesis menggunakan statistik parametris yaitu uji t menggunakan uji t-test sampel related diperoleh thitung > ttabel yaitu 150,79 > 2,002 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran Guided Teaching terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 4 Bandar Lampung. Disarankan dalam menerapkan strategi pembelajaran Guided Teaching harus membimbing peserta didik untuk menyampaikan hasil dalam membandingkan jawabannya dengan pokok materi pelajaran yang sudah disampaikan pendidik. Kata-kata kunci: Guided Teaching, Hasil Belajar.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107000852 | T42414 | T424142020 | Central Library (REFERENCE) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available