Skripsi
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI GERAK VERTIKAL
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada meteri gerak vertikal. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 13 Palembang pada tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X IPA 2 yang berjumlah 33 orang siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Analisis yang dilakukan adalah mencari persentase kemampuan pemecahan masalah peserta didik kemudian dikelompokkan berdasarkan kriteria kemampuan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah peserta didik berada pada kategori cukup. Pada setiap indikator kemampuan pemecahan masalah , hasil menunjukkan bahwa persentase dalam memahami masalah yaitu mengidentifikasi apa yang diketahui (A1) sebesar 40 %, mengidentifikasi apa ynag tidak diketahui (A2) sebesar 39%. Persentase dalam membuat perencanaan (B) yaitu sebesar 48%. Persentase dalam menyelesaikan masalah yaitu mengsubstitusikan angka kedalam rumus (C1) sebesar 59,4%, menghitung penyelesaian (C2) sebesar 55,1%. Selanjutnya persentase dalam menafsirkan solusi yaitu sebesar 10%. Untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, maka peserta didik harus terbiasa mengerjakan soal-soal matematika yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Kata Kunci : Masalah, Kemampuan Pemecahan Masalah, Gerak Vertikal
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107000853 | T50639 | T506392021 | Central Library (REFERENCE) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available