Skripsi
PELEMBAGAAN PENDIDIKAN DI LUAR JAM KELAS DALAM MENUNJANG PENDIDIKAN FORMAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 2 PALEMBANG)
Skripsi ini berjudul “Pelembagaan Pendidikan di Luar Jam Kelas Dalam Menunjang Pendidikan Formal di Sekolah Menengah Atas (Studi Kasus di SMA Negeri 2 Palembang)”. Penelitian ini mengkaji mengenai Pelembagaan pendidikan di luar jam kelas dalam menunjang pendidikan formalnya dalam memenuhi kebutuhan dari pelembagaan tersebut dengan melihat tahapan pelembagaan yang berupa habitualisasi, tipifikasi dan legitimasi serta pemenuhan kebutuhan dari aktor-aktor yang terlibat dalam proses pelembagaan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, menggambarkan data deskriptif dari fenomena yang dikaji dengan unit analisis adalah organisasi atau lembaga Pendidikan SMA Negeri 2 Palembang yang terdiri dari Kepala Sekolah, Guru dan Siswa dengan melihat sekolah dalam memenuhi kebutuhannya. Penentuan informan dalam penelitian ini dilakukan secara purposive. Informan dalam penelitian ini berjumlah 8 orang, terdiri dari 5 orang informan siswa dan 3 orang informan kunci yaitu Wakasek kurikulum, Wakasek Humas dan Guru Senior. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam memenuhi kebutuhannya lembaga selalu melakukan suatu kebiasaan-kebiasaan yang memiliki proses timbal balik yang akhirnya memunculkan suatu norma-norma. Demikian juga dengan pendidikan di luar jam kelas yang merupakan salah satu program kebiasaan yang dilakukan di sekolah dalam memenuhi kebutuhan menghadapi Ujian Nasional, yang disosialisasikan dalam masyarakat dan akhirnya memunculkan norma-norma tertulis dan tidak tertulis yang berupa munculnya jadwal mata pelajaran, guru yang mengajar serta anggaran biaya yang harus dipatuhi oleh aktor yang terlibat dalam pelembagaan. Orientasi pemenuhan kebutuhan dalam pendidikan di luar jam kelas di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Palembang ini bagi sekolah adalah sesuai visi, misi dan tujuan dari SMA Negeri 2 Palembang serta meningkatkan nama baik Sekolah. Sedangkan bagi guru merupakan tanggung jawab moral akan anak didik dan mengikuti aturan sekolah serta unsur ekonomi juga. Dan orientasi bagi siswa mengikuti pendidikan di luar jam kelas yaitu motivasi dari dalam diri atau kesadarannya dalam menghadapi ujian nasional yang dirasa cukup menakutkan serta bisa diterima di perguruan tinggi negeri Kata Kunci: Pelembagaan, Pendidikan di Luar Jam Kelas, Pendidikan Formal
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1007001334 | T52371 | T52371 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available