Text
Pembinaan remaja putus sekolah melalui pelatihan keterampilan kerja di Panti Sosial Bina Remaja Indralaya Kabupaten Ogan Ilir
Penelitian ini berjudul "Pembinaan remaja putus sekolah melalui pelatihan keterampilan kerja di Panti Sosial Bina Remaja Indralaya Kabupaten Ogan Ilir". Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini bagaimana proses pembinaan yang dilakukan pihak panti melalui pelatihan keterampilan kerja serta pembinaan mental dan fisik siswa. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembinaan siswa yang mengalami putus sekolah di Panti Sosial Bina Remaja Indralaya, Bentuk pembinaan dan metode yang digunakan, dan untuk mengetahui kendala yang dialami pihak panti selama proses pembinaan yang dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriftif, pengumpulan data diproleh melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Penentuan informan dilakukan secara purposive dengan tujuan memperoleh informasi dari orang-orang yang benar-benar mengetahui dan dapat memberi informasi tentang masalah yang diteliti. Informan pada penelitian ini berjumlah 10 orang key informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembinaan yang dilakukan pihak panti meliputi, pelatihan keterampilan kerja dengan jenis keterampilan : montir sepeda motor, montir mobil, menjahit, las/karbit, dan salon/tata rias. Pembinaan mental meliputi pembentukan karakter dan mendalami ajaran agama. Pembinaan fisik meliputi senam rutin setiap minggu dan olahraga. Kendala yang dialami panti selama proses pembinaan adalah kurangnya daya tangkap siswa dalam menangkap materi yang disampaikan tutor/ pengajar, dan kurang memadainya beberapa pasilitas di panti .
No copy data
No other version available