Skripsi
PUTUS SEKOLAH (DROP OUT) DI KALANGAN ANAK SEKOLAH DI TINGKAT PENDIDIKAN DASAR (STUDI PADA ANAK PUTUS SEKOLAH PENDIDIKAN DASAR DI DESA TUGU AGUNG KECAMATAN LEMPUING KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR)
Judul dari pada penelitian ini adalah “Putus Sekolah (Drop Out) Di kalangan Anak Sekolah Di Tingkat Pendidikan Dasar Studi Pada Anak Putus Sekolah Pendidikan Dasar Di Desa Tugu Agung Kecamatan Lempuing Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI)”. Sementara permasalahan yang diambil adalah bagaimana karakteristik anak putus sekolah pendidikan dasar di Desa Tugu Agung Kecamatan Lempuing Kabupaten Ogan Komering Ilir dan apakah factor yang melatarbelakangi anak putus sekolah pendidikan dasar di Desa Tugu Agung Kecamatan Lempuing Kabupaten Ogan Komering Ilir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik anak putus sekolah pendidikan dasar di Desa Tugu Agung Kecamatan Lempuing Kabupaten Ogan Komering Ilir dan untuk mengetahui faktor yang melatarbelakangi anak putus sekolah pendidikan dasar di Desa Tugu Agung Kecamatan Lempuing Kabupaten Ogan Komering Ilir. Adapun manfaat dari hasil penelitian yang dilakukan yaitu diharapkan dapat sebagai bahan masukan bagi pengembangan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan konsep sosiologi khususnya sosiologi pendidikan yang berkaitan dengan konsep putus sekolah (drop out). Untuk kemudian dapat dikembangkan dalam upaya menambah wawasan keilmuan sosiologi. Sedangkan manfaat yang lain dari penelitian ini dapat dijadikan masukan bagi Dinas Pendidikan, lembaga-lembaga sekolah dalam upaya menangani permasalahan khususnya yang berhubungan dengan konsep anak putus sekolah (drop out). Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif dan pendekatan studi. Unit analisis yang digunakan adalah individu anak putus sekolah pada tingkat pendidikan dasar. Data dan sumber data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan 4 orang informan anak putus sekolah di tingkat pendidikan dasar dan 3 orang informan pendukung, melakukan pengamatan (observasi), dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikatif). Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik anak putus sekolah pendidikan dasar terdiri dari intern dan ekstern. Karakteristik intern terdiri dari keadaan tubuh (fisiologis) dan keadaan psikologis. Kedua keadaan tersebut sangat memberikan kontribusi atau dukungan untuk dapat menuntaskan wajib belajar pendidikan dasar sembilan tahun. Sementara faktor yang melatarbelakangi anak putus sekolah pada tingkat pendidikan dasar terdiri dari dua faktor yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern terdiri dari motivasi pandang anak terhadap pendidikan sekolah sedangkan faktor eksternnya terdiri dari keadaan keluarga, sekolah, geografis, sosial budaya, lingkungan masyarakat, motivasi dan pandangan masyarakat mengenai pendidikan. Kedua faktor ini sangat memberikan kontribusi atau dukungan untuk dapat menuntaskan program wajib belajar pendidikan dasar sembilan tahun.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
0807000673 | T52088 | T520882008 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available