Text
Perilaku konsumsi pakaian bermerek Mahasiswa Fisip UNSRI kampus Palembang
Perilaku Konsumsi Pakaian Bermerk Di Kalangan Mahasiswa FISIP UNSRI Kampus Palembang menunjukkan suatu gejala budaya konsumsi. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana gambaran status sosial ekonomi mahasiswa, gaya berpakaian mahasiswa yang bagaimana untuk menunjukkan penanda sosial mereka di kampus, serta makna dari perilaku konsumsi mahasiswa tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif yang menggambarkanrealitasdari yang diteliti dan penentuan informan dilakukan secara snowball. Informan dalam penelitian ini berjumlah15 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Dianalisis menggunakan tekhnik analisis taksonomi dan menggunakan kajian Jean Baudrilard yaitu teori konsumsi serta konsep hiperialitas dan simulakra. Hasil penelitian ini adalah gambaran status sosial mahasiwa di lihat dari pendidikan, pekerjaan, pendapatan orang tua serta uang saku mahasiswa kebanyakan termasuk tergolong ekonomi menengah sedang, sedangkan gaya berpakaian yang digunakan mahasiswa dalam upaya menunjukkan status sosial yang lebih tinggi dengan menggunakan gaya berpakaian yang sesuai trend dan bermerk. Sedangkan makna yang didapat dari perilaku konsumsi tersebut ialah suatu pengakuan dan prestise. Perilaku konsumsi mahasiswa ini telah menjadi suatu budaya yang terus ada karena kini kebanyakan mengonsumsi suatu objek konsumsi tertentu di anggap suatu penanda sosial hal yang tidak nyata ini kadang di anggap nyata. hal ini disebut hiperrealitas dimana hal ini disebabkan adanya pengaruh dorongan media yang selalu ada di sekeliling mahasiswa tersebut
No copy data
No other version available