Skripsi
TANGGUNG JAWAB SOSIAL LEMBAGA PENDIDIKAN (STUDI TENTANG MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS BATURAJA YANG BEKERJA SEBAGAI GURU HONOR DI KABUPATEN OKU)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami latar belakang kegiatan, proses pelaksanaan, kendala yang dihadapi dan tujuan dari kegiatan tersebut serta hasil dari pelaksanaanya yang diberikan oleh lembaga pendidikan FKIP UNBARA sebagai bentuk tanggung jawab sosial Penelitian ini juga menggunakan rancangan kualitatif dimana mulai dari gagasan dan ide penelitian, melakukan kategorisasi sampai dengan membangun konsep dan proposisi menggunakan rancangan deskriftif kulitatif. Informan dalam penelitian ini terdiri dari 12 orang yaitu 8 informan utama dengan alasan bahwa data yang diperoleh sudah cukup dan tidak ada lagi variasi dan 4 informan pendukung untuk menambah informasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi di sekolah, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan ini dilatar belakangi oleh motivasi FKIP Universitas Baturaja untuk menunjukan tanggung jawab sosialnya kepada masyarakat melalui bantuan tenaga honor di sekolah-sekolah yang ada di OKU. Tulisan ini dianalisis dengan konsep hubungan lembaga pendidikan dengan masyarakat dan dikombinasi dengan teori tindakan parsons. Dalam hal ini pihak FKIP ingin membantu pemerataan guru-guru yang ada di OKU agar mampu memperbaiki kualitas pendidikan di daerah kabupaten OKU. Lembaga pendidikan FKIP Universitas Baturaja memberikan bentuk tanggung jawab lain kepada mahasiswanya yaitu dengan memberikan bantuan dana melalui pengajuan beasiswa dan mahasiswa melakukan kuliah sambil bekerja dengan harapan mampu memenuhi kebutuhannya yaitu bisa mendapatkan beasiswa sehingga tidak membebani orang tua, memperoleh pengalaman, mampu beradaptasi dengan dunia kerja dan mendapat kesempatan untuk mempraktekan ilmunya secara langsung, sehingga terpacu untuk senantiasa meningkatkan kompetensi dan kapabilitas secara terus menerus karena tidak ingin ketinggalan terhadap kemajuan teknologi dan perkembangan ilmu pengetahuan. Proses pelaksanaanya dilakukan setiap hari ada yang mengajar pagi hari dan kuliah siang hari atau sebaliknya kuliah pagi hari dan mengajar siang hari. Kendala yang dihadapi mulai dari rasa letih, jarak rumah kampus dan tempat kuliah, sulitnya mengatur waktu dan ditambah dengan tugas-tugas yang menumpuk.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1207001160 | T55133 | T551332012 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available