Skripsi
PENGARUH KONFERENSI VIDEO TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X DI SMA NEGERI 10 PALEMBANG
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang memperlihatkan bahwa aktivitas dan hasil belajar peserta didik di SMAN 10 Palembang pada pembelajaran biologi masih kurang dari kriteria ketuntasan minimal. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara diketahui bahwa proses pembelajaran elektronik yang dilaksanakan di SMAN 10 Palembang masih menerapkan pembelajaran asinkron sehingga interaktivitas antara pendidik dan peserta didik rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan konferensi video pada materi ekosistem terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta didik di kelas X SMAN 10 Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasi-eksperimen. Metode yang digunakan yaitu nonequivalent control group design yaitu peneliti akan membagi peserta didik secara acak menjadi dua kelompok, meliputi kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kelompok eksperimen (kelas X MIA 2) melaksanakan pembelajaran elektronik menggunakan konferensi video. Sedangkan, kelompok kontrol (kelas X MIA 4) melaksanakan pembelajaran elektronik tidak menggunakan konferensi video. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes berupa tes hasil belajar biologi sedangkan untuk instrumen non tes berupa lembar observasi aktivitas belajar dan angket. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan konferensi video pada materi ekosistem dapat meningkatkan aktivitas belajar. Berdasarkan hasil uji Ancova diperoleh nilai signifikansi senilai 0,000 yang kurang dari α =0,05. Kesimpulan hasil penelitian adalah penggunaan konferensi video pada materi ekosistem berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik di kelas X SMAN 10 Palembang. Kata Kunci: Konferensi Video, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2107000910 | T51894 | T518942021 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available