Skripsi
KAJIAN PENINGKATAN KINERJA RUAS JALAN LETTU KARIM KADIR SETELAH JEMBATAN MUSI V BEROPERASI DI KECAMATAN GANDUS
Pembangunan Jembatan Musi V yang termasuk didalam rangkaian Jalan Tol Kapal Betung (Kayu Agung - Palembang - Betung) yang ram keluar masuk berdekatan di Jl.Sosial yang terhubung dengan Jl.Lettu Karim Kadir sehingga dengan adanya pembangunan ini akan mempengaruhi kinerja ruas jalan Lettu Karim Kadir. Tujuan dari penelitian ini untuk mendapatkan kinerja ruas Jalan Lettu Karim Kadir kondisi eksisting dan setelah Jembatan Musi V beroperasi serta peningkatan kinerja ruas Jalan yang dibagi menjadi 4 segmen yaitu segmen 1 (Jl.Lettu Karim Kadir – Perumahan Mitra) segmen 2 (Perumahan Mitra-Jl.M.Amin Fauzi) segmen 3(Jl.M.Amin Fauzi-Jl.Tph Sofyian Kenawas) segmen 4(Jl.Tph Sofyian Kenawas-Jl.Sosial). Pengolahan data menggunakan metode PKJI 2014 dan metode simulasi dengan program Vissim. Hasil pengolahan data menunjukkan pada kondisi eksisting derajat kejenuhan yaitu 0,45 dengan tingkat pelayanan C hasil simulasi program Vissim pada kondisi eksisting panjang antrian pada segmen 3 (Jl.M Amin Fauzi – Jl.Tph Sofyian Kenawas) yaitu 138,18 meter waktu tundaan terbesar selama 21,02 detik. Pada kondisi setelah Jembatan Musi V beroperasi terjadi peningkatan volume 19,74% di segmen 2 sehingga terjadi penurunan tingkat layanan dengan derajat kejenuhan sebesar 0,57 dan tingkat pelayanan C hasil simulasi Vissim panjang antrian pada segmen 2 (Perumahan Mitra – Jl.M.Amin Fauzi) yaitu 186,9 meter untuk waktu tundaan selama 40,98 detik. Berdasarkan analisis peningkatan yang dilakukan dengan perlebaran pada ruas jalan. Hasil simulasi program Vissim terjadi pengurangan panjang antrian yaitu dari 153,64 meter menjadi 21,08 meter sedangkan waktu tundaan dari 30,05 detik menjadi 15,22 detik.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2007001261 | T38370 | T383702020 | Central Library (REFERENSI) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available