Skripsi
PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF DADU BERGAMBAR UNTUK KEMAMPUAN GERAK NONLOKOMOTOR ANAK USIA 4-5 TAHUN DI DESA SERI TANJUNG
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan alat permainan edukatif dadu bergambar kemampuan gerak nonlokomotor pada anak usia 4-5 tahun di desa Seri Tanjung yang validitas dan praktis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan menggunakan model Rowntree dan evaluasi formatif Tessmer. Tahapan pengembangan Rowntree yaitu perencanaan, pengembangan, dan evaluasi. Tahap evaluasi formatif Tessmer terdiri dari self evaluation, expert review, one-to-one evaluation, dan small group evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan walkthrough berupa expert review dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas materi sebesar 75% dan validitas media sebesar 85%, diperoleh rata-rata validitas produk sebesar 80% dengan kategori valid. Tahap one-to-one evaluation melibatkan 2 orang anak dengan hasil 93% dan tahap small group evaluation melibatkan 6 orang anak dengan hasil 84% dan dari keduanya diperoleh rata-rata sebesar 88% dengan kategori sangat praktis. Dari semua tahap yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa alat permainan edukatif dadu bergambar untuk kemampuan gerak nonlokomotor pada anak usia 4-5 tahun di desa Seri Tanjung dinyatakan valid dan sangat praktis dan layak digunakan untuk pembelajaran fisik motorik.
No copy data
No other version available