Skripsi
ANALISIS POTENSI PAJAK REKLAME DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH DI KABUPATEN LAHAT
Penelitian ini berjudul Analisis Potensi Pajak Reklame dan Kontribusinya Terhadap Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Lahat. Tujuan dari penelitian * adalah untuk mengetahui potensi dan kontribusi dari pajak reklame tahun 2008 sampai 2012. Selain itu dibahas mengenai elastisitas pajak reklame terhadap pertumbuhan ekonomi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Metode analisis menggunakan metode kuantitatif. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan sebelumnya maka dapat disimpulkan bahwa potensi penerimaan pajak reklame jalan Mayor Ruslan I dan RE Martadinata belum optimal dan masih jauh dari potensi maksimal yang dapat dicapai karena pihak pemerintah tidak disiplin mengontrol lamanya penggunaan reklame yang ada di kawasan tersebut, mengakibatkan pajak reklame yang masih terpasang tetapi masa berlakunya sudah habis yang dapat menjadikan potensi pajak tidak optimal. Kontribusi pajak reklame terhadap pendapatan asli daerah tahun 2008 sampai tahun 2012 masih kecil yaitu berkisar 0.02% - 0.06% pertahunnya atau rata-ratanya 0.042% pertahun. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan untuk elastisitas pajak reklame terhadap pertumbuhan ekonomi diketahui bahwa, elastisitas penerimaan pajak reklame terhadap pertumbuhan ekonomi Kabupaten Lahat tahun 2008-2012 belum memberikan pengaruh yang besar dimana hanya di tahun 2012 elastisitas pajak reklame > 1 yaitu 3.7%. Angka ini menunjukkan bahwa tingkat kepekaan dan tingkat pengaruh dari PDRB terhadap pajak reklame elastis, dimana apabila terjadi perubahan kenaikan PDRB sebesar 1% maka akan mengakibatkan kenaikan penerimaan pajak reklame sebesar 3.7 %.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1307002571 | T49924 | T499242013 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available