Skripsi
PENGEMBANGAN MODUL MENULIS TEKS EKSPOSISI DENGAN PENDEKATAN GENRE SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 PALEMBANG
Penelitian dan Pengembangan pada bahan ajar modul pembelajaran menulis teks eksposisi untuk kelas X SMA telah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar menulis teks eksposisi dengan pendekatan genre. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (development research) Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket (kuisioner), wawancara, dan lembar validasi ahli (penilaian). Data hasil wawancara diolah secara objektif, dideskripsikan dan kemudian ditarik kesimpulan sedangkan analisis data hasil angket dan lembar penilaian validasi ahli menggunakan skala likert. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 5 Palembang dan Satu Orang Guru Bahasa Indonesia Kelas X SMA Negeri 5 Palembang. Validasi dinilai oleh tiga validator menggunakan angket skala 4 oleh dosen dari Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Sriwijaya. Dari hasil validasi ahli materi diperoleh skor 17 dari skor maksimum 25 dengan presentase 68% dan dikategorikan layak, validasi ahli kebahasaan diperoleh skor 21 dari skor maksimum 25 dengan presentase 84% dan dikategorikan sangat layak, dan validasi ahli kegrafikaan diperoleh skor 19 dari skor maksimum 25 dengan presentase 76% dan dikategorikan layak. Berdasarkan hasil validasi ahli, bahan ajar modul yang dikembangkan peneliti dapat dikategorikan layak.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2007001446 | T37967 | T379672020 | Central Library (REFERENCE) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available