Skripsi
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK (E-LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Telah berhasil dikembangkan lembar kerja peserta didik elektronik (e-LKPD) berbasis problem based learning pada materi pesawat sederhana di sekolah menengah pertama yang valid dan praktis. Model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan Rowntree yang terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan dan tahap evaluasi. Tahap evaluasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu tahap evaluasi formatif Tessmer yang terdiri dari lima tahap yaitu, self evaluation, expert review, one to one evaluation, small group evaluation dan field test. Tahap field test tidak dilakukan karena penelitian ini hanya sampai pengujian lembar kerja peserta didik untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik pengumpulan data walkthrough dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk kevalidan lembar kerja peserta didik termasuk dalam kategori sangat valid dengan nilai validasi isi sebesar 4,42, validasi Bahasa sebesar 4,50 dan validasi desain sebesar 4,91. Pada tahap one to one evaluation termasuk dalam kategori sangat praktis dengan persentase dari rata-rata skor sebesar 83,69%. Pada tahap small group evaluation termasuk dalam kategori sangat praktis dengan persentase dari rata-rata skor sebesar 92,09%. Dengan demikian, produk lembar kerja peserta didik elektronik (e-LKPD) berbasis problem based learning pada materi pesawat sederhana di sekolah menengah pertama yang telah dikembangkan telah valid dan praktis. Kata Kunci : Pengembangan, e-LKPD, Problem Based Learning, Pesawat Sederhana
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2007001561 | T35687 | T356872020 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available