Skripsi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran materi gelombang bunyi dengan model problem based learning terhadap keterampilan proes sains siswa Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode pre-eksperimental one group pre-test post-test design dengan sampel seluruh siswa kelas XI IPA 2 yang berjumlah 33 siswa. Pengumpulan data pre-test dan post-test menggunakan tes essay sebanyak 11 soal, pre-test dilakukan sebelum penerapan model problem based learning dan post-test dilakukan setelah penerapan model pembalajaran problem based learning. Dari hasil penelitian didapat rata-rata pre-test sebesar 49,66 dan rata-rata data post-test sebesar 77,12. Nilai rata-rata-rata post-test lebih tinggi dari nilai rata-rata pre-test, hal ini menunjukkan bahwa hasil keterampilan proses sains siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,54 yang termasuk dalam kategori sedang.
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2007001526 | T32804 | T328042020 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available