Skripsi
PENGARUH MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII SMP SRIJAYA NEGARA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media gambar dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Srijaya Negara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII B yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen yang belajar media gambar dan kelas VIII A yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas kontrol yang belajar dengan menggunakan strategi konvensional. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan pengolahan data menggunakan perhitungan uji-t dengan program SPSS 20. Hasil penelitian menunjukan terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Kelas eksperimen mendapatkan nilai rata-rata tes awal 51, 43 kemudian meningkat 12,9 menjadi 64,33 pada tes akhir. Kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata tes awal sebesar 39,75 kemudian meningkat 10, 82 menjadi 50, 57 pada tes akhir. Hasil perhitungan dengan uji-t menunjukan nilai t-hitung > t-tabel = 2, 789 > 1, 674, dengan df 54 pada tingkat keberhasilan 95% (a = 0,025), karena t-hitung lebih besar dari t-tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima karena terdapat perbedaan kemampuan menulis teks puisi antara siswa yang belajar menggunakan media gambar dengan siswa yang belajar menggunakan strategi konvensional. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media gambar berpengaruh dalam pembelajaran menulis teks puisi pada siswa kelas VIII SMP Srijaya Negara. Kata kunci: media gambar, menulis teks puisi
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2007001599 | T40522 | T405222020 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available