Skripsi
PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP TINGKAT KEMAMPUAN ADAPTASI SISWA DI PANTI REHABILITASI ANAK NAKAL (Studi di Panti Sosial Marsudi Putra Dharntapala Indralaya)
Penelitian ini beijudul “Pengaruh Tingkat Pendidikan Terhadap Tingkat Kemampuan Adaptasi Siswa di Panti Rehabilitasi Anak Nakal”. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini antara lain : 1). Apakah ada pengaruh tingkat pendidikan terhadap tingkat kemampuan adaptasi di Panti rehabilitasi anak nakal? 2). Berapa besar pengaruh tingkat pendidikan terhadap tingkat kemampuan adaptasi di Panti rehabilitasi anak nakal?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat pendidikan terhadap tingkat kemampuan adaptasi di Panti rehabilitasi anak nakal. Penelitian ini bersifat eksplanasi. Teknik analisis yang digunakan adalah kuantitatif dengan tipe pendekatan survei. Lokasi penelitian ini ini adalah Panti Sosial Marsudi Putra Dharmapala yang terletak di Jalan Raya Kayu Agung Km.32 Indralaya Kabupaten Ogan Ilir. Unit analisis dalam penelitian ini adalah siswa Panti Sosial Marsudi Putra Dharmapala. Hipotesis dalam penelitian ini: 1. Diduga ada pengaruh tingkat pendidikan terhadap tingkat kemampuan adaptasi siswa di panti rehabilitasi anak nakal 2. Diduga semakin tinggi tingkat pendidikan maka tingkat kemampuan adaptasi siswa semakin baik. Berdasarkan hasil penelitian kedua hipotesis tersebut diterima: 1. Diduga ada pengaruh antara tingkat pendidikan terhadap tingkat kemampuan adaptasi di panti rehabilitasi anak nakal, hal ini terbukti dari hasil penganalisisan data dengan mengunakan rumus koefisien kontingensi diketahui besarnya koefisien antara tingkat pendidikan dengan tingkat kemampuan adaptasi = 0,34. Untuk menguji signifikansi koefisien kontingensi dapat dilakukan dengan menguji harga chi kuadrat hitung yang dibandingkan dengan chi kuadrat tabel, pada taraf • kesalahan dan dk (derajat kebebasan) 6-1 =5, dan kesalahan yang ditetapkan 5%, maka harga x2 tabel = 11,070. Dari penghitungan ternyata chi kuadrat hitung lebih besar dari chi kuadrat tabel (36,32>11,070). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini diterima. 2. Diduga semakin tinggi tingkat pendidikan maka tingkat kemampuan adaptasi siswa semakin baik, hal ini terbukti dari hasil pengujian hipotesis kedua yang dilakukan dengan menggunakan tingkat pencapaian. Dari hasil penghitungan uji statistik dapat dilihat bahwa tingkat pencapaian variabel tingkat pendidikan siswa mencapai 76,52% dengan skor empirik 1630 dan skor maksimal 2130 Jadi dapat disimpulkan bahwa tingkat pencapain variabel tingkat pendidikan siswa adalah kuat/ tinggi. Kata kunci: rumus tingkatpendidikan, tingkat kemampuan adaptasi
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1107000110 | T54694 | T54694 | Central Library (Referens) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available