Skripsi
PENANAMAN NILAI PADA ANAK MELALUI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) KASIH SAYANG DI KELURAHAN SUKAMAJU PALEMBANG
Penelitian ini berjudul “Penanaman Nilai pada Anak melalui Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kasih Sayang di Kelurahan Sukamaju PalembangPenelitian ini mengkaji Penanaman Nilai pada Anak melalui Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Adapun masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah : Pertama, Apa saja program pendidikan yang diberikan PAUD Kasih Sayang di Kelurahan Sukamaju Palembang. Kedua, Bagaimana penanaman nilai yang diberikan PAUD Kasih Sayang. Ketiga, Apa hambatan-hambatan yang ada dalam penanaman nilai pada anak melalui PAUD Kasih Sayang. Lokasi dalam penelitian ini adalah PAUD Kasih Sayang di Kelurahan Sukamaju Palembang. Penentuan informan dalam penelitian ini ditentukan dengan cara purporsive atau ditetapkan secara sengaja oleh peneliti dan disesuaikan dengan kebutuhan data. Informan dalam penelitian ini berjumlah 9 orang, yang terdiri dari 5 informan utama dan 4 informan pendukung. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber, data dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program pendidikan yang diberikan PAUD Kasih Sayang yakni program pengembangan pembiasaan dan program pengembangan kemampuan dasar. Penanaman nilai yang diberikan PAUD Kasih Sayang yaitu nilai agama dan moral, sosial dan emosional serta kemandirian, nilai berbahasa, kognitif, psikomotorik dan seni. Adapun hambatan yang ada dalam penanaman nilai pada anak melalui PAUD Kasih Sayang yaitu hambatan komunikasi antara pendidik dengan siswa, adanya pola kelakuan yang bertentangan yang disosialisasikan oleh orang tua kepada anak dan kurangnya kemampuan pendidik dalam pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Kata Kunci: Penanaman Nilai, Anak, Pendidikan Anak Usia Dini (PA UD)
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1407000216 | T56583 | T565832013 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available