The Sriwijaya University Library

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Login
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN STRATEGI READING, QUESTIONING AND ANSWERING TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XI SMA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN

Skripsi

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN STRATEGI READING, QUESTIONING AND ANSWERING TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XI SMA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN

Sonia, Luluk - Personal Name;

Penilaian

0,0

dari 5
Penilaian anda saat ini :  

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dengan strategi Reading, Questioning and Answering dalam pembelajaran virtual terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar kognitif peserta didik kelas XI SMA Negeri 7 Prabumulih pada materi sistem pencernaan. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik Simple Random Sampling sehingga terpilih kelas XI IPA 1 sebagai kelas PBLRQA, XI IPA 2 sebagai kelas PBL, XI IPA 3 sebagai kelas RQA, dan XI IPA 5 sebagai kelas kontrol. Instrumen untuk hasil belajar kognitif berupa soal tes pilihan ganda sebanyak 20 soal dan instrumen sikap ilmiah angket berskala likert sebanyak 20 item. Kedua instrumen dilakukan uji validasi dan dinyatakan valid dan reliabel. Data hasil belajar kognitif dan sikap ilmiah diuji dengan ANCOVA melalui sofware SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran PBLRQA dalam pembelajaran virtual berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif (sig. 0,000) dan sikap ilmiah (sig. 0,000). Rata-rata hasil belajar kognitif kelas PBLRQA (81,09) PBL (74,51) RQA (71,21) dan kontrol (66,89). Hasil sikap ilmiah kelas PBLRQA kategori sangat baik (59,38) PBL kategori sangat baik (51,61) RQA kategori baik (69,70) Kontrol kategori baik (72,41). Kata Kunci : PBLRQA, Hasil Belajar Kognitif, Sikap Ilmiah.


Availability
Inventory Code Barcode Call Number Location Status
2007001634T40740T407402020Central Library (REFERENCES)Available but not for loan - Not for Loan
Detail Information
Series Title
-
Call Number
T407402020
Publisher
Indralaya : Prodi Pendidikan Biologi., 2020
Collation
xv, 95 hlm.; tab.: 28 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
570.07
Content Type
Text
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Prodi Pendidikan Biologi
Belajar Kognitif
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
TUTI
Other version/related

No other version available

File Attachment
  • PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN STRATEGI READING, QUESTIONING AND ANSWERING TERHADAP SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XI SMA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN
Comments

You must be logged in to post a comment

The Sriwijaya University Library
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search