Skripsi
PERBANDINGAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn ANTARA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK, TALK, WRITER DENGAN RECIPROCAL TEACHING DI SMP NEGERI 19 PALEMBANG
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbandingan keaktifan belajar siswa antara menggunakan menggunakan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Writer dan Tipe Reciprocal Teaching pada pembelajaran PPKn di SMP N 19 Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen yang menggunakan desain quasi experimental. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII, dengan sampel penelitian kelas VIII.4 dan kelas VIII.9 yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan observasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan statistik parametris dengan uji independen sample t-test. Berdasarkan hasil analisis rata-rata persentase keaktifan belajar siswa menggunakan model Think, Talk, Writer di kelas VIII.9 yaitu sebesar 72% dengan kategori baik, sedangkan hasil rata persentase keaktifan belajar siswa menggunakan model reciprocal teaching di kelas VIII.4 sebesar 69% dengan kategori cukup baik. Kemudian hasil analisis melalui uji independent samples t-test, diperoleh sign = .000 dan α = .05 karena signifikansi.000 < .05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan keaktifan belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Think Talk Writer lebih tinggi dibandingkan dengan keaktifan belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran tipe Reciprocal Teaching di SMP Negeri 19 Palembang. Kata kunci : Model Pembelajaran Think, Talk, Writer (TTW), Model Pembelajaran Reciprocal Teaching, Keaktifan belajar siswa
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2007001663 | T36030 | T360302020 | Central Library (REFERENSI) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available