Skripsi
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN CABRI 3D BERBANTUAN MEDIA KONKRIT TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V SDN 41 PALEMBANG PADA PEMBELAJARAN GEOMETRI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran Cabri 3D terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran matematika tentang Geometri kelas V SD Negeri 41 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental Design dengan jenis One-Group-Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 peserta didik kelas V. Intrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes pretest-posttest dan lembar observasi. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji normalitas dan uji hipotesis. Nilai rata-rata pretest yaitu 32,06 dan rata-rata posttest yaitu 64,88. Hasil pretest dan posttest berdistribusi normal dengan nilai km 0,318 dan -0,3. Perhitungan hipotesis dengan menggunakan Uji-t dan diperoleh t.hitung Sebesar 8,98 pada taraf signifikan 0,05 dan ttabel Sebesar 2,039. Data menunjukkan bahwa media pembelajaran Cabri 3D memiliki pengaruh yang signifikan ditunjukkan lewat nilai t.hitung > t.tabel. Kata Kunci : pengaruh, media pembelajaran Cabri 3D, hasil belajar
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
2007001662 | T38055 | T380552020 | Central Library (REFERENSI) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available