Skripsi
KEPUASAN PASIEN DALAM PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS SIRAH PULAU PADANG KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR
Skripsi ini berjudul “Kepuasan Pasien Dalam Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Sirah Pulau Padang Kabupaten Ogan Komering Ilir”. Penelitian ini mengkaji masalah kepuasan pasien dalam pelayanan kesehatan ditinjau dari bentuk manfaat yang diterima oleh pasien dan bentuk pelayanan kesehatan yang mendukung kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kepuasan pasien dalam pelayanan kesehatan di Puskesmas Sirah Pulau Padang dan bentuk pelayanan kesehatan apa saja yang mempengaruhi kepuasan pasien dalam pelayanan kesehatan di Puskesmas Sirah Pulau Padang Kabupaten Ogan Komering i lir. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang berupaya menggambarkan Kepuasan Pasien dalam Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Sirah Pulau Padang Kabupaten Ogan Komering Ilir. Dalam penelitian ini penentuan informan ditetapkan secara purposive (secara sengaja). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Data yang terkumpul kemudian dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan adalah penilaian pasien terhadap manfaat atau nilai yang diperoleh dari pelayanan kesehatan di Puskesmas, apakah sudah sesuai dengan harapannya atau belum, kepuasan terhadap manfaat atau nilai yang diperoleh tersebut juga dipengaruhi oleh bentuk pelayanan kesehatan yang mendukung kepuasan pasien selama mendapatkan pelayanan kesehatan di Puskesmas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, pasien puas terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Sirah Pulau Padang Kabupaten Ogan Komering Ilir. Pasien mendapatkan manfaat dalam pelayanan kesehatan di Puskesmas Sirah Pulau Padang berupa upaya pencegahan terhadap penyakit, pemeliharaan dan peningkatan kesehatan, pengobatan, serta pengetahuan mengenai kesehatan. Kepuasan pasien dalam pelayanan kesehatan di Puskesmas Sirah Pulau Padang juga dipengaruhi oleh bentuk pelayanan kesehatan yang mendukung kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan yaitu diperlakukan secara adil, diberitahu informasi yang jelas, diterima dan dilayani dengan baik, interaksi dan hubungan yang baik, keamanan dan kepercayaan pasien. (Kata kunci: kepuasan, pasien, pelayanan kesehatan)
Inventory Code | Barcode | Call Number | Location | Status |
---|---|---|---|---|
1307001027 | T52396 | T523962013 | Central Library (REFERENCES) | Available but not for loan - Not for Loan |
No other version available